Home / PT Badja Abadi Sentosa / Kebutuhan Alat alat Industri Spesifik dalam Pengelolaan Fluida

article Kebutuhan Alat alat Industri Spesifik dalam Pengelolaan Fluida cover image

Kebutuhan Alat alat Industri Spesifik dalam Pengelolaan Fluida

Kebutuhan alat alat industri dalam sebuah instalasi industri seringkali melibatkan perangkat spesifik yang memiliki fungsi khusus. Perangkat yang spesifik ini umumnya berkaitan langsung dengan aktivitas dan proses industri yang dilakukan pada instalasi tersebut. Faktor kualitas dan fungsi yang presisi umumnya menjadi nilai penting dalam pemenuhan kebutuhan perangkat dan peralatan pada sebuah instalasi industri.

 

Kebutuhan Alat alat Industri Untuk Mengelola Aliran Fluida

Salah satu perangkat yang seringkali menjadi bagian dari instalasi industri adalah flow meter atau flow indicator. Perangkat ini memiliki fungsi atau kegunaan yang sangat spesifik. Sesuai dengan namanya, flow yang berarti aliran dan meter yang menunjukkan perhitungan; flow indicator memiliki fungsi mengukur laju atau volume fluida yang melewati perangkat tersebut.

 

Baca Juga : 5 Tips Belanja Produk Flow Meter Tokico Secara Online

 

Perangkat ini umumnya terpasang pada jaringan pipa yang digunakan untuk mengalirkan cairan atau fluida. Perangkat tersebut bekerja dengan menggunakan sensor yang mampu menghitung volume atau laju aliran cairan yang melewatinya. 

Peralatan dengan peran tersebut menjadi kebutuhan yang umum dalam banyak aktivitas industri, mulai dari industri bahan bakar, industri kimia dan perminyakan hingga industri produk makanan dan minuman. Alat – alat tersebut dibutuhkan karena ada prosedur yang membutuhkan pengawasan dan pengaturan aliran fluida, baik itu terkait kecepatan hingga volumenya.

Bahkan kebutuhan pengawasan dan pengaturan aliran fluida atau cairan ini juga menjadi bagian dari kebutuhan pertanian modern. Otomasi sistem pengairan atau irigasi membutuhkan pengaturan volume air yang dialirkan ke lahan pertanian.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 1 Inchi Seri FGBB

 

Kebutuhan alat yang bisa memantau volume atau jumlah aliran fluida berupa flow meter ini membutuhkan pertimbangan terkait penggunaannya hingga besaran volume fluida yang harus dikelola. Karena alasan inilah ada sangat banyak ragam produk flow meter yang memiliki kapasitas kerja berbeda – beda serta memiliki ketelitian yang juga berbeda – beda.

 

Kebutuhan Memilih Flow Meter Sesuai Spesifikasi

Ada beberapa hal yang wajib dijadikan pertimbangan dalam memilih flow meter untuk digunakan. Salah satu hal paling penting terkait variabel penentu pilihan flow meter yang tepat adalah spesifikasi fluida yang akan dikelola. Fluida yang berupa cairan atau gas akan membutuhkan perangkat yang berbeda karena memiliki faktor kerapatan molekul atau kekentalan yang berbeda. 

 

Lihat Produk Kami : Tokico Seri FFL

 

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah rentang suhu dari fluida yang dialirkan. Faktor suhu dari fluida ini umumnya juga berkaitan dengan tingkat tekanan mengingat peningkatan suhu akan menyebabkan pemuaian yang berakibat pada peningkatan tekanan. Sifat fluida terkait keasaman juga menjadi hal lain yang sangat penting karena akan berkaitan dengan bahan flow meter yang bisa digunakan. Bahan PVC atau bahan non logam akan lebih cocok digunakan pada fluida yang bersifat asam karena sifat korosif yang tinggi sehingga lebih beresiko merusak komponen berbahan logam.