Home / Tokico Flow Meter / Mengenal Tokico Solar Flow Meter

article Mengenal Tokico Solar Flow Meter cover image
05 August 2022 Tokico Flow Meter

Mengenal Tokico Solar Flow Meter

Kemajuan teknologi saat ini semakin memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk peralatan mekanik seperti meteran. Meteran untuk mengukur solar sering disebut dengan flow meter solar. Flow meter mulai diproduksi sejak tahun 2010 dan sudah mendapatkan ISO dan sertifikasi CE (Europe Certified).

 

Kini, produk flow meter ini telah didistribusikan ke seluruh dunia, mulai dari Asia hingga Eropa. Merk flow meter yang biasanya digunakan adalah tokico flow meter dengan tipe MD meter, hal ini dikarenakan tingkat akurasinya lebih terpercaya dan akurat. Harganya juga terjangkau dibanding dengan merk yang lainnya juga memiliki kualitas yang jauh lebih superior. Mulai dari ukuran ½ inch hingga 6. Flow meter yang digunakan untuk solar adalah tokico solar flow meter, berikut penjelasan dari alat tersebut:

 

1. Flow meter memiliki banyak size dan akurat


Tokico solar flow meter mempunyai banyak ukuran, mulai dari ½ inch sampai 8 inch pada akurasi 0.5% untuk tipe digital. Selain itu, tersedia versi mekanikal, mulai dari ukuran 1 inch hingga 6 inch dengan akurasi variatif dari 1 % hingga 0.05% dengan harga yang variatif sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan mengembangkan tingkat akurasi yang bagus, tentu Anda tidak perlu khawatir jika ada ketidakakuratan/kesalahan dalam pengisian bahan bakar. Contohnya, jika meteran yang Anda gunakan saat ini memiliki tingkat error maksimumnya 0.5% di setiap kali mengisi 1000 liter, Anda bisa rugi sebanyak 5 m miter sesuai dengan akurasinya. 

 

2. Flow meter versi digital dan analog

 


Flow meter untuk solar memiliki counter optional yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Contohnya, flow meter tipe FCT sudah bisa dikoneksikan ke Laptop melalui kabel RS485, sehingga data flow bisa terbaca melalui PC/laptop untuk mempermudah data recordingnya. Selain itu, flow meter juga tersedia versi mekanikal, Anda bisa langsung membaca flow meter dari counter meterannya. Keduanya memiliki tipe counter yang berbeda, untuk counter digital bisa langsung dikoneksikan ke PC dan juga thermal printing, sedangkan untuk versi analognya bisa dikoneksikan menggunakan preset counter, printer manual, dan valve. Valve dan preset counter berfungsi sebagai indikator di setiap fueling. Misal, Anda ingin mengukur solar 1000 liter, Anda bisa melakukan set 1000 liter pada fitur preset counternya dan apabila angka mulai mendekati 1000 liter, valve berfungsi menutup aliran yang masuk pada meter dengan otomatis. 

 

3. Bisa dihubungkan dengan aksesoris yang lain


Setiap meteran bisa dihubungkan dengan berbagai macam aksesoris yang lain termasuk tokico solar flow meter, seperti air eliminator dan saringan. Fungsi saringannya adalah untuk mencegah adanya kotoran yang masuk pada bagian dalam poros rotor karena dapat menyebabkan kemacetan juga kerusakan di dalam rotor. Sedangkan air eliminatornya berfungsi membuang angin fals yang memungkinkan masuk di dalam meter.