Home / Tokico Flow Meter / Kelebihan Flow Meter Tokico 2 Inch Dibanding yang Lain

article Kelebihan Flow Meter Tokico 2 Inch Dibanding yang Lain cover image
24 October 2022 Tokico Flow Meter

Kelebihan Flow Meter Tokico 2 Inch Dibanding yang Lain

Jika Anda berada di gedung perkantoran, industri, atau mall, pasti sesekali Anda akan menemukan alat ukur yang terpasang di pipa-pipa besar. Alat tersebut yang kerap dinamakan Flow Meter. Salah satu alat yang sering digunakan adalah Flow Meter Tokico 2 Inch.

 

Alat ini sejatinya merupakan pengukur material bahan bakar seperti minyak dan bensin. Sehingga sangat penting digunakan di dunia industri. Lalu, apa sebenarnya alat ini, dan apa saja kelebihannya?

 

Apa itu Flow Meter?


Flow meter adalah sebuat alat untuk mengetahui jumlah atau besaran yang terdapat pada aliran material yang berbentuk cairan, bubuk, dan juga udara. Alat ini mengukur berbagai aspek, yaitu flow rate atau yang punya nama lain kecepatan aliran, dan juga volume atau total massa dari material yang mengalir pada waktu tertentu.

 

Baca Juga : Harga Flow Meter Tokico 1 Inch, Sebanding dengan Fungsinya?

 

Orang-orang juga menyebut flow meter sebagai pengukur aliran. Alat ini banyak Anda temukan mulai dari rumah tangga, bangunan perkantoran, bahkan bangunan industri. Alat ini sering Anda jumpai dalam pressure gauge pada pompa manual, regulator gas, speedometer, pengukur PDAM, dan lain-lain.

 

Fungsi Flow Meter


Flow meter sendiri memiliki fungsi yang cukup penting untuk kehidupan sehari-hari:

 

1. Mengukur aliran listrik. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol aliran yang elektronik yang masuk sehingga kebutuhan elektronik lebih efisien.


2. Alat ini untuk mengukur berbagai aliran flow meter solar, air, gas, bensin, dan lain sebagainya. 

3. Untuk menentukan efektivitas dan juga efisiensi dalam melakukan suatu proses pekerjaan. 

4. Alat ini dapat menghitung penghematan biaya produksi. Sama seperti sebelumnya, efisiensi juga berkaitan dengan penghematan biaya. 


5. Alat ini dapat mengantisipasi kerusakan suatu mesin produksi.


6. Untuk memudahkan Anda dalam proses pemantauan pengolahan limbah. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mendapat hasil optimal dalam penggunaan bahan-bahan kimia atau limbah lainnya sehingga biaya pengolahan bisa lebih efisien dan terpantau.


7. Untuk menentukan besaran heat energy di berbagai bangunan rumah maupun perkantoran yang menggunakan pemanas, AC, ataupun Chiller.


Ada berbagai macam jenis flow meter yang dibedakan berdasarkan ukurannya. Salah satu alat yang cukup sering digunakan adalah Flow Meter 2 Inch. Seperti apa alat ini?

 

Flow Meter 2 Inch Tokico
 

 

Flow Meter 2 Inch dari brand Tokico ini merupakan alat untuk mengukur debit aliran bahan bakar seperti minyak dan bensin. Alat dengan ukuran ini memiliki fungsi untuk mengukur cairan bahan bakar yang memiliki aliran sedang menuju besar.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 2 Inchi Seri FRO

 

Untuk itu, alat ini cocok untuk menghitung bahan bakar genset, pabrik maupun mobil. Alat ini akan banyak Anda temui di beberapa perusahaan minyak dan gas. Pada dasarnya, setiap merk flow meter memiliki kegunaan mengukur cairan yang berbeda. Khusus untuk Tokico ini memang sering orang-orang gunakan sebagai pengukur bahan bakar.

 

Spesifikasi Flow Meter 2 Inch dari Tokico


Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur berbagai material liquid khususnya bahan bakar berjenis minyak. Tidak heran kalau alat ini jadi flow meter SPBU karena sering terlihat di tempat pengisian bahan bakar. Untuk ukuran 2 inch ini setara dengan 50 mm. Umumnya, alat ukur berjenis ini bertipe Positive Displacement dengan jenis produk FRO Type.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Non Reset 1 Inchi Seri FGBB

 

Flow meter bensin ini memiliki tingkat akurasi yang cukup baik. Klaimnya, alat ini bisa memiliki tingkat keakurasian mencapai 0,5%. Yang perlu Anda perhatikan, alat ini punya limit temperatur. Klaim menyatakan alat ini bisa menampung temperatur material liquid mulai 50 - 100oC.

 

Itu juga tergantung jenis medianya. Alat ini hanya mampu menampung material jenis kerosene hanya dapat dengan temperatur maksimum 50oC saja. Sedangkan untuk heavy oil alat ini dapat mengukur di suhu maksimum 100oC.

 

Selain dapat bekerja di suhu yang cukup tinggi, produk ini juga bisa bekerja pada tekanan mencapai 10 kg/cm2. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan produk dari Tokico.

 

Kelebihan Flow Meter 2 Inch dari Tokico


Ada berbagai kelebihan dari produk Tokico ini, yang pertama adalah tingkat akurasinya yang cukup baik yaitu mencapai 0,5%. Yang menjadikannya akurat adalah dapat mengukur cairan melalui gear. Karena hal ini dapat meminimalisir terjadinya salah hitung data.

 

Yang kedua, alat ini memiliki build quality yang bagus. Tidak heran kalau produk Tokico ini sangat kuat dan tahan lama. Tokico mengklaim alatnya dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Material yang digunakan adalah alumunium dengan dibuat senyaman mungkin agar mudah untuk memasangnya.

 

Ketiga adalah desainnya yang sangat compact. Tokico membuat Desain se-compact dan fleksibel mungkin agar mudah dalam memasangya. Perushaan ini juga membuat produk dengan sesimpel mungkin agar tak sulit untuk dibaca.

 

Harga Flow Meter 2 Inch merk Tokico
 

 

Alat dari Tokico ini juga punya kelebihan yang lain yaitu harganya yang kompetitif. Harga Tokico flow meter 2 inch mulai dari Rp 23 jutaan hingga Rp 36 jutaan tergantung tipe. Untuk mendapat informasi mengenai distributor Tokico Flow Meter, harga, hingga kualitas yang lebih detail Anda bisa mengunjunginya di website resmi Tokico Indonesia.

 

Pilih Merk yang Tepat, Gunakan dalam Jangka Panjang


Flow meter sering kita jumpai di berbagai bangunan mulai rumah, gedung perkantoran hingga stasiun pengisian bahan bakar. Salah satu alat yang sering masyarakat gunakan adalah Flow Meter Tokico 2 Inch. Produk dari Tokico inilah yang memang lebih cocok untuk mengukur material berbentuk liquid seperti air, oli, atau bahan bakar. Jadi, jangan sampai salah merk!