Home / Tokico Flow Meter / Tokico Flow Meter Reset : Pentingnya Melakukan Kalibrasi

article Tokico Flow Meter Reset : Pentingnya Melakukan Kalibrasi cover image
16 June 2022 Tokico Flow Meter

Tokico Flow Meter Reset : Pentingnya Melakukan Kalibrasi

Flow meter Tokico adalah alat ukur yang banyak tidak asing lagi untuk sebagian orang, khususnya yang bekerja dalam bidang konstruksi bangunan. Secara umum, alat ini terbagi atas dua jenis, yakni Tokico flow meter reset dan flow meter non-reset. 

Kedua jenis tersebut mempunyai cara kerja yang berbeda, di mana untuk non-reset tidak bisa mengembalikan perhitungan angkanya ke 0, sementara untuk reset dapat mengembalikan perhitungannya ke angka 0. Keduanya pun dijual dengan harga yang bervariasi. Jika ingin menggunakan pemakaian berskala kecil, mungkin bisa memakai jenis non-reset karena harganya lebih terjangkau.

 

Fungsi Flow Meter Tokico

 

Flow meter Tokico paling sering digunakan untuk keperluan pabrik industri (mining, genset fueling, dan masih banyak lagi). Kebutuhan alat tersebut terbilang cukup penting, mengingat air, gas, hingga cairan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Merek yang berasal dari Jepang ini sangat terkenal di Indonesia. Sebab, harganya terjangkau, bentuknya pun ergonomis, dan sudah banyak dipercaya oleh berbagai proyek berskala besar. 

 

Mengapa Perlu Melakukan Kalibrasi Flow Meter?

 

Sebagai alat instrumen pada umumnya, flow meter yang digunakan dalam jangka waktu tertentu dapat mengalami pergeseran dari hasil pengukuran. Mengapa? Karena, bisa disebabkan oleh kondisi lingkungan maupun waktu. Maka dari itu, kalibrasi flow meter harus dilakukan secara berkala dalam periode waktu tertentu dan harus dilakukan dengan cara benar.

Adanya kalibrasi flow meter atau setting parameter flow meter bertujuan untuk mengkonfirmasi dan mengembalikan pergeseran ataupun penyimpangan pembacaan akurasi flow meter. Adanya penyimpangan dan pergeseran hasil dapat berakibat buruk pada kualitas produk, proses, stok material, hingga biaya produksi. Cara kalibrasi flow meter umumnya dilakukan melalui proses verifikasi, yakni membandingkannya dengan flow meter standar. 

 

Apa Manfaat Kalibrasi Flow Meter?

 

Setelah mengetahui pentingnya melakukan kalibrasi Tokico flow meter reset. Adapula manfaat yang bisa didapatkan, yakni dapat mengetahui penyimpangan pada alat ukur, mampu memberikan jaminan hasil dari pembacaan alat pengukuran, menjaga kualitas proses maupun hasil proses, hingga mendukung sistem penerapan mutu (ISO).

Terdapat pula dua hasil yang akan didapatkan setelah melakukan kalibrasi flow meter, di antaranya faktor koreksi dan ketidakpastian pada hasil pengukuran. Untuk faktor koreksi umumnya akan menunjukkan kedekatan angka sebagai hasil kalibrasi. Nantinya, akan digunakan sebagai faktor koreksi terhadap pembacaan hasil flow meter. Jika pembacaan angka hasil pengukuran berada pada range koreksi, maka dapat dinyatakan nilainya benar.

Untuk setiap flow meter yang umumnya digunakan pada berbagai industri mempunyai jenis dan fungsinya masing-masing. Hal ini akan disesuaikan dengan jenis cairan, tingkat akurasi, hingga sistem instalasinya. Kira-kira, itulah informasi singkat mengenai Tokico flow meter reset dan pentingnya untuk melakukan kalibrasi secara berkala.