Home / Tokico Flow Meter / Kelebihan Flow Meter Tokico Reset Dibanding Tipe Non-Reset

article Kelebihan Flow Meter Tokico Reset Dibanding Tipe Non-Reset cover image
30 October 2022 Tokico Flow Meter

Kelebihan Flow Meter Tokico Reset Dibanding Tipe Non-Reset

Saat ini, tanpa disadari Flow meter sudah tersebar dan terpasang di berbagai rumah, gedung perkantoran maupun industri.  Ada banyak jenis flow meter yang tersebar di pasaran, berdasarkan tempatnya mulai dari flow meter bensin atau flow meter SPBU, dan dari jenisnya flow meter Tokico reset maupun non-reset.

 

Alat ini sejatinya merupakan pengukur jumlah air, gas, atau material lainnya yang Anda butuhkan sehari-hari. Tidak heran kalau alat ini sangat penting untuk kebutuhan manusia terutama para pemilik perusahaan minyak dan gas dan pemasok peralatan industri. Lalu, apa sebenarnya alat ini?

 

Flow Meter


Flow meter adalah alat untuk mengetahui jumlah atau besaran yang terdapat pada aliran material yang berbentuk cairan, bubuk, dan juga udara. Alat ini mengukur berbagai aspek, mulai dari flow rate atau yang punya nama lain kecepatan aliran, hingga volume atau total massa dari material yang mengalir pada waktu tertentu.

 

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Flow Meter Tokico Non-Reset

 

Rata-rata orang menyebut alat ini sebagai pengukur aliran. Alat ini banyak Anda temukan mulai dari rumah tangga, bangunan perkantoran, bahkan bangunan industri.

 

Fungsi Flow Meter


Flow meter punya fungsi yang cukup penting untuk kehidupan sehari-hari. Yang pertama adalah mengukur aliran listrik. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol aliran yang elektronik yang masuk sehingga kebutuhan elektronik lebih efisien.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Non Reset

 

Kedua, alat ini juga kerap Anda jumpai di rumah tangga dan tempat pengisian bahan bakar. Gunanya adalah untuk mengukur berbagai aliran dari air, gas, solar, bensin, dan lain sebagainya. Dengan adanya alat ini, Anda bisa mengetahui besaran material yang mengalir.

 

Ketiga adalah untuk menentukan efektivitas dan juga efisiensi dalam melakukan suatu proses pekerjaan. Dengan begitu, Anda dapat mengukur besaran material yang Anda gunakan, sehingga Anda bisa mengatur besar kecilnya tiap komponen yang berhubungan dengan material tersebut, sehingga kebutuhan produksi dan konsumsi bisa lebih efisien.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset

 

Keempat, Anda dapat menghitung penghematan biaya produksi. Sama seperti sebelumnya, efisiensi juga berkaitan dengan penghematan biaya, sehingga kita bisa menentukan jumlah material yang keluar untuk proses produksi atau konsumsi.

 

Kelima, alat ini dapat memudahkan Anda dalam proses pemantauan pengolahan limbah. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mendapat hasil optimal dalam penggunaan bahan-bahan kimia atau limbah lainnya. Terakhir, alat ini dapat menentukan besaran heat energy di berbagai bangunan rumah maupun perkantoran yang menggunakan pemanas, AC, ataupun chiller, sehingga Anda dapat mengetahui temperatur ruangan dalam angka.

 

Cara Kerja Flow Meter


Flow meter memiliki cara kerja yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Ada beberapa faktor yang membedakan Alat ini dengan jenis yang lain yaitu kecepatan aliran, perbedaan tekanan, perubahan temperatur, volume ruangan, dan getaran yang menghasilkan torsi.

 

Alat ini bekerja berdasarkan teori matematika atau fisika dengan rumusan tertentu. Variabel yang digunakan untuk menghitung besaran material didapat dari sensor yang mengacu pada hukum dan juga teori-teori sehingga menghasilkan satuan angka yang mendekati valid. Ada berbagai macam jenis flow meter. Salah satunya adalah Flow Meter Reset. Seperti apa alat ini? Dan apa kelebihannya dibandingkan dengan tipe Non-Reset?

 

Flow Meter Reset dari Tokico


Alat pengukur aliran jenis ini adalah alat yang datanya bisa direset. Dengan kata lain, data perhitungan keluar dan juga masuknya fluida bisa Anda kembalikan lagi ke angka nol. Flow meter jenis ini juga memiliki kolom khusus yang menampilkan totalizer. Flow Meter Reset punya harga yang tentu lebih mahal ketimbang tipe Non-Reset. Lalu, apa saja kelebihannya?

 

Kelebihan Flow Meter Tokico Reset
 

 

Flow meter jenis reset ini memiliki kelebihan yang paling utama yaitu bisa Anda reset. Tidak hanya itu, alat pengukur aliran jenis ini terbilang awet karena terbuat dari besi cor. Tidak hanya itu, alat pengukur aliran jenis ini terbilang awet karena terbuat dari besi cor. 

 

Dari segi keakuratan, produk dari Tokico memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tingkat akurasinya sekitar 0,5%. Tidak heran kalau produk dari Tokico juga menggunakan pengukur aliran untuk kebutuhan transaksi. Ada banyak jenis untuk mengukur aliran tipe reset ini. Mulai dari tipe FBG, tipe FRP, dan tipe FRO. Untuk ukurannya bervariasi ada yang 15mm hingga 80mm.  Tidak hanya itu, desainnya yang compact membuat pengukur alat jenis ini mudah untuk dipasang pada perangkat industri.

 

Untuk harganya, flow meter jenis reset ini dibanderol mulai dari Rp21 jutaan hingga Rp82 jutaan tergantung dari tipenya. Untuk mendapat informasi yang lebih spesifik mengenai distributor Tokico Flow Meter dan harga Anda bisa mengunjungi langsung website Tokico Solar Flow Meter.

 

Kenali Kelebihan Setiap Produk, Gunakan Produk yang Tepat


Baik flow meter Tokico Reset maupun non-reset, keduanya memiliki kelebihan masing-masing sesuai dengan kegunaannya. Meskipun harga flow meter reset lebih mahal, namun tipe ini punya fitur dan kualitas yang lebih baik ketimbang tipe non-reset.