Home / Tokico Flow Meter / Magnetic Flow Meter VS Model Flow Meter Tokico Lainnya

article Magnetic Flow Meter VS Model Flow Meter Tokico Lainnya cover image
20 August 2022 Tokico Flow Meter

Magnetic Flow Meter VS Model Flow Meter Tokico Lainnya

Saat memilih meteran, Anda pasti melihat ada opsi model magnetic flow meter. Apa yang menyebabkan opsi ini berbeda? Banyak orang sering bandingkan model magnetic ini dengan pilihan meteran lain yang disediakan Tokico. Apakah model magnetic lebih bagus digunakan? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya Anda baca dulu artikel berikut!

 

Apa Sebenarnya Magnetic Flow Meter?

 

Meteran flow dengan fungsi magnetic sering digunakan untuk kebutuhan pemantauan digital. Alat ini membaca kecepatan gerak fluida yang biasanya memiliki unsur konduktor dengan mendeteksi gerakan magnetic-nya.

 

Alat ini menggunakan konsep Faraday’s Law Electromagnetic Induction.  Dalam konsep ini, benda yang bergerak melewati magnetic field dapat menghasilkan gerakan elektron. Tergantung dari gerakan elektron, arus listrik bisa tercipta dari situ. Jadi semakin cepat gerakan fluida yang melewati magnetic field, makin besar juga arus listrik yang dihasilkan.

 

Arus listrik ini nantinya dideteksi melalui sistem kalkulasi. Hasil kalkulasi akan menunjukan berapa kecepatan gerak fluida dalam pipa. Biasanya penunjukan ukuran ini berupa angka digital dengan banyak decimal. Menggunakan perhitungan dan kekuatan magnetic ini, akurasi yang dihasilkan biasanya cukup tinggi.

 

Apakah Model Dari Tokico Sebanding Manfaatnya?

 

Sebenarnya, model lain juga tetap bagus mengukur flow fluida. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas akurasi dan perbedaan manfaat yang terlalu jauh. Hanya saja meteran flow magnetic lebih cocok digabungkan dengan pengukuran perangkat digital. Kelebihan ini karena deteksi elektronik mudah dibaca melalui sinyal – sinyal digital.

 

Walaupun bagus untuk sarana digital, kelemahan model magnet juga dapat terasa di sisi maintenance. Merawat kekuatan magnet dan juga arus listrik yang mendukung magnet di dalamnya harus rutin. Sedikit saja ada masalah dalam perangkat magnet, akurasi pengukuran bisa menurun.

 

Hal ini jelas berbeda dengan model Tokico lain yang biasanya menggunakan turbin. Selama turbin berputar secara mekanik, pengukuran akan akurat. Maintenance modal turbin jelas lebih mudah. Selama kondisi turbin bagus, perputaran mekaniknya tetap akurat.

 

Turbin di meteran Tokico sudah di desain untuk kuat penggunaan lebih dari 10 tahun. Dari pilihan material, desain dan juga hasil test kualitas Tokico, hal ini lebih aman digunakan untuk jangka panjang.

 

Bagi Anda yang tidak mau repot atau sering – sering maintenance, lebih baik pilih opsi model lain dari Tokico. Disisi lain bagi yang membutuhkan meteran dengan kemampuan digital bagus, pilih saja model magnetic ini.

 

Sekarang sudah jelas penjelasan tentang magnetic flow meter vs model meteran lain yang disediakan Tokico. Bagi Anda yang sudah tahu model mana yang akan dipilih, langsung saja pesan sekarang. Tokico akan melayani dengan baik untuk semua butuhan flow meter Anda!