Home / Tokico Flow Meter / Ragam Jenis dan Pertimbangan Memilih Tokico Flow Meter

article Ragam Jenis dan Pertimbangan Memilih Tokico Flow Meter cover image
12 November 2022 Tokico Flow Meter

Ragam Jenis dan Pertimbangan Memilih Tokico Flow Meter

Tokico flow meter merupakan pilihan banyak perusahaan yang bergerak di industri minyak dan gas. Mulai dari perusahaan minyak mentah hingga spbu menggunakan flow meter dalam bisnis mereka. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak ragam jenis dari flow meter. Hal ini mungkin akan menyulitkan sebagian orang untuk memilih flow meter. Jika Anda memiliki kesulitan yang sama, maka silakan simak penjelasan kami berikut ini.

 

 

Jenis Flowmeter Analog dan Digital


Jenis flow meter dapat ditinjau dari beberapa aspek. Aspek pertama adalah flow meter berdasarkan tampilan pembacaan aliran fluida yaitu analog dan digital. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keduanya.

 

1. Flowmeter Digital


Sesuai dengan namanya, flow meter jenis ini menggunakan panel digital dalam menampilkan hasil pengukuran aliran fluida. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam membaca hasil pengukuran karena langsung berupa angka digital. Flowmeter jenis ini bisa Anda temui pada flow meter SPBU atau flow meter bensin. Sebab dengan tampilan digital akan mempermudah pelanggan dalam mengetahui jumlah bahan bakar yang masuk ke kendaraan.

 

Baca Juga : Magnetic Flow Meter VS Model Flow Meter Tokico Lainnya

 

Selain itu, flow meter jenis ini memiliki kelebihan berupa kebutuhan yang lebih ringkas. Sehingga sebenarnya flow meter digital juga cocok menjadi flow meter minyak.

 

2. Flowmeter Analog


Flowmeter analog menggunakan counter dan jarum dalam menampilkan hasil pengukuran aliran fluida. Sehingga memang untuk melihat hasil pengukuran cenderung lebih sulit daripada flow meter digital. Meski begitu, flow meter jenis ini tidak membutuhkan listrik untuk melakukan proses pembacaan. Sehingga flow meter ini bisa digunakan pada industri minyak dan gas sebagai flow meter minyak.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 3/4 Inchi Seri FGBB

 

Selain itu, Anda juga bisa menemukan flow meter analog pada kehidupan sehari-hari seperti pada counter ticker PLN/PDAM, speedometer kendaraan dan regulator gas rumah tangga.

 

Jenis Flowmeter Berdasarkan Spesifikasi & Ukuran


Flowmeter juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan spesifikasinya. Untuk Tokico flow meter sendiri memiliki beberapa spesifikasi yaitu sebagai berikut.

 

1. Tipe FGB


Flowmeter Tokico tipe FGB menggunakan bahan resin. Oleh sebab itu rotor di dalamnya menjadi lebih kuat dan tahan lama. Tipe ini cocok untuk menjadi flow meter bensin atau flow meter spbu. Jika Anda membutuhkan flow meter untuk arus berkecepatan 40 sampai 3000 L/h, maka tipe ini sangatlah cocok. Anda juga bisa memilih flow meter tipe ini dengan berbagai varian ukuran mulai dari ½ inch, 2/3 inch hingga 1 inch.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 1 Inchi Seri FGBB

 

Untuk mendapatkan pilihan tersebut, pastikan Anda mendatangi distributor Tokico flow meter resmi dan terpercaya. Sehingga Anda benar-benar mendapatkan flow meter yang sesuai dan berkualitas.

 

2. Tipe FRO


Jika Anda mencari flow meter untuk arus berkecepatan 800 sampai 15.000 L/h, maka tipe ini adalah jawabannya. Sebab rotor FRO menggunakan bahan aluminium yang terbukti kuat dan tahan lama. Ukuran dari flow meter tipe ini juga beragam. Anda bisa memilih flow meter ukuran 1 ½ inch sampai 2 inch. Flowmeter tipe FRO biasanya menjadi pilihan favorit banyak orang karena rentang aliran yang cukup luas.

 

Selain itu, harga Tokico flow meter 2 inch juga terbilang terjangkau. Namun jangan langsung tergiur jika mendapatkan harga Tokico flow meter 2 inch yang terlampau murah karena bisa saja itu palsu.

 

3. Tipe FRP


Flowmeter jenis satu ini sangat cocok bagi Anda yang butuh untuk arus berkecepatan 600 sampai 130.000 L/h. Tipe ini menggunakan bahan cast iron yang sudah terbukti sangat kuat dan tahan lama. Meski memang artinya tipe ini tidak cocok untuk air. Sebab penggunaan flow meter untuk air biasa akan membuat flow meter cepat berkarat dan mengalami kerusakan.

 

Namun perlu Anda ketahui bahwa tipe ini memiliki tingkat akurasi yang sangat baik. Sehingga cocoko menjadi flow meter bensin, flow meter spbu ataupun flow meter minyak. Selain itu, flow meter jenis ini juga memiliki ukuran cukup besar. Terdapat varian flow meter Tokico 6 inch pada jenis ini yang sangat cocok untuk keperluan industri.

 

Pertimbangan Memilih Flow Meter Tokico


Sebenarnya Anda tidak perlu pusing dengan banyaknya variasi flow meter Tokico. Sebab Anda cukup menyesuaikan pilihan flow meter dengan keperluan Anda. Contoh jika Anda membutuhkan flow meter untuk aliran fluida besar, maka bisa memilih flow meter Tokico 6 inch. Namun jika aliran tidak terlalu besar, bisa memilih ukuran flow meter lebih kecil.

 

Jika Anda masih bingung dalam memilih, Anda bisa menghubungi distributor Tokico flow meter. Selanjutnya cukup ceritakan kebutuhan Anda kepada distributor.Distributor profesional tentu memahami produk dengan sangat baik. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan harga Tokico flow meter 2 inch, 3 inch atau ukuran lain dengan lebih murah dibanding tempat lainnya. Maka, sekarang Anda sudah tidak perlu bingung dalam memilih flow meter terbaik. Karena Anda bisa bertanya langsung kepada distributor untuk mengetahui Tokico flow meter yang sesuai kebutuhan Anda.