Home / Tokico Flow Meter / Spesifikasi Flow Meter Tokico 3 Inch

article Spesifikasi Flow Meter Tokico 3 Inch cover image
26 October 2022 Tokico Flow Meter

Spesifikasi Flow Meter Tokico 3 Inch

Hampir setiap Gedung perkantoran, industri, atau mall, pasti terdapat alat ukur yang terpasang di pipa-pipa besar. Alat tersebut yang kerap dinamakan Flow Meter. Salah satu alat yang sering digunakan adalah flow meter Tokico 3 Inch.

 

Alat ini sejatinya merupakan pengukur jumlah material liquid seperti minyak, bensin dan juga oli. Tidak heran kalau alat ini sangat penting untuk kebutuhan manusia terutama para pemilik perusahaan minyak dan gas dan pemasok peralatan industri. Lalu, apa sebenarnya alat ini? Sebelum itu, ketahui dulu apa itu flow meter.

 

Flow Meter


Flow meter adalah alat untuk mengetahui jumlah atau besaran yang terdapat pada aliran material yang berbentuk cairan, bubuk, dan juga udara. Alat ini mengukur berbagai aspek, yaitu flow rate atau yang punya nama lain kecepatan aliran, dan juga volume atau total massa dari material yang mengalir pada waktu tertentu.

 

Baca Juga : Kelebihan Flow Meter Tokico 2 Inch Dibanding yang Lain

 

Orang-orang juga menyebut alat ini sebagai pengukur aliran. Alat ini banyak Anda temukan mulai dari rumah tangga, bangunan perkantoran, bahkan bangunan industri.

 

Fungsi Flow Meter
 

 

Flow meter punya fungsi yang cukup penting untuk kehidupan sehari-hari. Yang pertama adalah mengukur aliran listrik. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol aliran yang elektronik yang masuk sehingga kebutuhan elektronik lebih efisien.

 

Kedua, alat ini juga kerap Anda jumpai di rumah tangga dan tempat pengisian bahan bakar. Gunanya adalah untuk mengukur berbagai aliran dari air, gas, solar, bensin, dan lain sebagainya. Dengan adanya alat ini, Anda bisa mengetahui besaran material yang mengalir.

 

Yang ketiga adalah untuk menentukan efektivitas dan juga efisiensi dalam melakukan suatu proses pekerjaan. Dengan begitu, Anda dapat mengukur besaran material yang Anda gunakan, sehingga Anda bisa mengatur besar kecilnya tiap komponen yang berhubungan dengan material tersebut, sehingga kebutuhan produksi dan konsumsi bisa lebih efisien. Keempat, Anda dapat menghitung penghematan biaya produksi. Sama seperti sebelumnya, efisiensi juga berkaitan dengan penghematan biaya, sehingga kita bisa menentukan jumlah material yang keluar untuk proses produksi atau konsumsi.

 

Selanjutnya, alat ini dapat memudahkan Anda dalam proses pemantauan pengolahan limbah. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mendapat hasil optimal dalam penggunaan bahan-bahan kimia atau limbah lainnya. Selain itu, alat ini dapat menentukan besaran heat energy di berbagai bangunan rumah maupun perkantoran yang menggunakan pemanas, AC, ataupun chiller, sehingga Anda dapat mengetahui temperatur ruangan dalam angka

 

Cara Kerja Flow Meter


Flow meter memiliki cara kerja yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Ada beberapa faktor yang membedakan Alat ini dengan jenis yang lain yaitu kecepatan aliran, perbedaan tekanan, perubahan temperatur, volume ruangan, dan getaran yang menghasilkan torsi.

 

Alat ini bekerja berdasarkan teori matematika atau fisika dengan rumusan tertentu. Variabel yang digunakan untuk menghitung besaran material didapat dari sensor yang mengacu pada hukum dan juga teori-teori sehingga menghasilkan satuan angka yang mendekati valid. Ada berbagai macam jenis flow meter yang dibedakan berdasarkan ukurannya. Salah satunya adalah Flow Meter 3 inch. Seperti apa alat ini?

 

Spesifikasi Flow Meter 3 Inch Tokico

 


 

 

Tokico memiliki berbagai jenis Flow Meter salah satunya adalah yang berukuran 3 Inch. Jika Anda bandingkan dengan yang tipe 2 inch, tipe 3 inch ini punya berbagai spesifikasi yang berbeda. Dari segi kapasitas, alat ini memiliki kapasitas 600-40.000 liter/jam.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 3 Inchi Seri FRP

 

Alat ini memiliki tingkat tekanan maksimum mencapai 1 MPa. Kemudian alat ini juga bisa mengukur material dengan tingkat kekentalan 500 mPas. Perbedaannya dengan 2 inch adalah dari maksimum temperatur suhu, Flow Meter 3 inch bisa menampung material dengan suhu maksimal 150oC.

 

Keunggulan Flow Meter 3 inch Tokico


Ada berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Tokico 3 inch ini. Yang pertama adalah tingkat akurasinya yang sangat baik. Semua produk Tokico memiliki akurasi mencapai 0,5%. Ini sangat bagus untuk sebuah alat pengukur.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 2 Inchi Seri FRO

 

Yang kedua adalah desainnya yang compact dan fleksibel. Dengan desain yang sangat compact, Tokico 3 inch mudah dalam hal proses instalasi. 

 

Ketika Anda memasangkannya pada pipa, maka alat ini secara otomatis langsung terkoneksi dengan flange. Tokico 3 inch ini juga sangat awet dan bisa Anda gunakan dalam jangka panjang.  Tokico memasarkan produknya sejak tahun 2000. Sejak saat itu, permintaan terhadap Tokico 3 inch ini sangat tinggi. Meskipun harga tokico yang dibanderol cukup mahal, namun masyarakat Indonesia masih percaya dengan kualitas dari Tokico 3 inch ini.

 

Untuk mengetahui distributor Tokico Flow Meter dan spesifikasi lengkapnya, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi Tokico Indonesia.

 

Jaminan Kualitas, Garansi Jangka Panjang


Itulah beberapa spesifikasi dan keunggulan flow meter Tokico 3 inch. Meskipun harganya termasuk mahal, namun produk ini sangat terjamin dari segi build quality dan tingkat akurasi. Sehingga alat ini cocok untuk kegiatan produksi Anda.