Home / Tokico Flow Meter / Spesifikasi Tokico Seri FRO Terbaru

article Spesifikasi Tokico Seri FRO Terbaru cover image
27 November 2022 Tokico Flow Meter

Spesifikasi Tokico Seri FRO Terbaru

Tokico seri FRO merupakan salah satu jenis flow meter yang berfungsi untuk mengukur aliran berbagai material dalam bentuk cairan, udara, maupun bubuk. Alat ini mengukur kecepatan aliran dalam kurun waktu tertentu.

 

Apa Itu Tokico Seri FRO?


Salah satu variasi produk Tokico, brand produk pengukur aliran fluida asal Jepang, adalah Tokico seri FRO. Perusahaan pemroduksi pengukur aliran tersebut sudah berdiri sejak tahun 1950 dan sampai sekarang masih menjalankan bisnisnya di bidang fuel measurement. Jadi, sudah pasti barang-barang hasil produksinya memiliki kualitas sangat baik.

 

Baca Juga : Alasan Harus Rutin Menggunakan Tokico Flow Meter Adjuster

 

Tokico seri FRO biasa digunakan untuk mengukur aliran bahan bakar minyak dengan viskositas tinggi. Seri ini biasa Anda temukan pada perusahaan yang menjalankan bisnis perusahaan minyak dan gas atau bisnis lain sebagai flow meter minyak atau bahan fluida lainnya.

 

Alasan Menggunakan Tokico Seri FRO

 



Pengukur aliran sangat penting untuk berjalannya proses produksi. Tokico seri FRO menjadi salah satu flow meter yang sangat populer di kalangan industri di bidangnya karena beberapa alasan berikut.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 1 1/2 Inchi Seri FRO

 

-Produsen merek ini berasal dari Jepang, yaitu Tokico System Solutions, ltd. Jepang terkenal dengan barang produksi berkualitas tinggi karena proses produksi mereka berjalan sesuai SOP (Standard of Procedure). 
-Arah aliran fluida yang melewati Tokico bisa horizontal maupun vertikal mengikuti kebutuhan instalasi pipa.
-Counter-nya menggunakan jarum sehingga bisa menunjukkan hasil pengukuran sedetail mungkin.
-Memiliki varian flange dari berbagai ukuran. Flange sangat penting karena menjadi konektor antara satu pipa dengan pipa lain. Adanya variasi flange, akan memudahkan Anda untuk melakukan instalasi pipa satu dengan pipa lain.
-Karena prinsip penghitungannya menggunakan positive displacement, yaitu menggunakan penunjuk jarum, maka Tokico seri FRO memiliki akurasi sangat tinggi, yakni 0,5%.
-Meskipun alat ini memiliki tingkat akurasi 0,5%, namun pengguna masih bisa menaikkan tingkat akurasinya menggunakan bantuan aksesoris lain, yaitu accuracy adjustor.


Material Tokico Seri FRO


Material pembentuk Tokico seri FRO berbahan cast iron. Menurut Wikipedia, cast iron atau besi cor merupakan material besi-karbon dengan kandungan karbon lebih dari 2%. Materialnya tersusun atas 3-3,5% karbon dan 1,8-2,4% silikon.

 

Jenis Tokico Seri FRO


Tokico seri FRO memiliki 2 macam jenis, yaitu:

 

-Non Reset


Jenis seri FRO non reset merupakan pengukur yang penghitungannya tidak bisa di-reset mulai dari 0 (nol), sehingga angka yang tertampil di counter merupakan jumlah akumulasi aliran dari pemakaian awal. Kekurangan dari jenis ini tentu saja tidak bisa menghitung aliran yang berlangsung ketika alat menyala pada waktu tertentu saja. Jadi hanya bisa mengira-ngira pertambahan angka sebelum dan sesudah dilewati oleh aliran fluida.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 2 Inchi Seri FRO

 

-Reset


Berbeda dari jenis Tokico seri FRO non reset, perhitungan jenis reset bisa Anda mulai dari 0 (nol). Jadi alat ini bisa mengetahui jumlah aliran cairan hanya pada saat menyala. Jenis reset memiliki dua macam kolom angka pada bagian atas dan bawah. Kolom bagian atas terdiri dari 7 digit berfungsi untuk menampilkan jumlah keseluruhan aliran yang pernah melewatinya, sedangkan kolom bagian bawah terdiri dari 5 digit menampilkan jumlah aliran pada saat alat menyala saja.

 

Kegunaan Tokico Seri FRO


Tokico seri FRO dapat Anda gunakan untuk mengukur besarnya aliran jenis cairan berikut:

 

-Bensin, solar, atau minyak ringan lain
-Minyak berat seperti: oli, minyak sawit mentah, atau minyak laut mentah.
-Minyak tanah


Tingkat Akurasi


Makin rendah persentase akurasi sebuah flow meter, berarti semakin akurat. Tingkat akurasi Tokico seri FRO ini kurang lebih 0,5%, dengan kata lain, nilainya termasuk tinggi. Meski begitu, bukan tidak mungkin tingkat akurasinya bisa lebih tinggi. Anda tinggal menambahkan aksesoris bernama accuracy adjustor agar akurasinya naik menjadi 0,2%.

 

Ragam Ukuran Flange


Flange merupakan komponen untuk menghubungkan Tokico flow meter dengan elemen pipa. Ukuran flange Tokico seri FRO bervariasi, ada 2 inchi, dan 1½ inchi.

 

Kelebihan Seri FRO

 

Tokico seri FRO memiliki banyak kelebihan, yaitu:

-Tingkat akurasi tinggi
-Harganya terjangkau
-Ada beberapa pilihan ukuran flange
-Desainnya ringkas
-Bisa memilih flow meter manual atau digital
-Memiliki material kuat karena terbuat dari cast iron
-Bisa berfungsi untuk kecepatan aliran yang relatif tinggi


Kekurangan Seri FRO


Karena terbuat dari cast iron, maka Tokico seri FRO tidak bisa Anda gunakan untuk mengukur aliran air, karena air akan membuatnya menjadi cepat berkarat.

 

Distributor Tokico di Indonesia


Banyak distributor Tokico Indonesia, namun distributor resmi ditunjuk langsung oleh Tokico System Solutions, ltd, Jepang sebagai distributor tunggal di Indonesia adalah PT. Badja Abadi Sentosa. Untuk mendapatkan produk Tokico seri FRO dari perusahaan tersebut, Anda dapat memesan secara online melalui anak perusahaannya lewat website Tokico Flowmeter Indonenesia.