Home / Tokico Flow Meter / Latest Tokico FGBB Series Specifications

article Latest Tokico FGBB Series Specifications cover image
25 December 2022 Tokico Flow Meter

Latest Tokico FGBB Series Specifications

Tokico seri FGBB merupakan salah satu jenis flow meter yang berfungsi untuk mengukur aliran berbagai material dalam bentuk cairan, udara, maupun bubuk. Alat ini mengukur kecepatan aliran dalam kurun waktu tertentu.

 

Penjelasan Tokico Seri FGBB

 

Tokico seri FGBB merupakan salah satu variasi produk pengukur aliran dari brand asal Jepang yaitu Tokico. Perusahaan pemroduksi pengukur aliran tersebut sudah berdiri sejak tahun 1950 dan sampai sekarang masih menjalankan bisnisnya di bidang fuel measurement. Jadi, sudah pasti barang-barang hasil produksinya memiliki kualitas sangat baik.

 

Seri FGBB biasa digunakan untuk mengukur aliran bahan bakar seperti kerosin atau minyak dengan viskositas tinggi. Seri ini biasa Anda temukan pada perusahaan yang menjalankan bisnis perusahaan minyak dan gas atau bisnis lain sebagai flow meter minyak atau bahan fluida lainnya.

 

Mengapa Menggunakan Tokico Seri FGBB
 

 


Flow meter sangat penting untuk berjalannya proses produksi. Tokico seri FGBB menjadi salah satu flow meter sangat populer di kalangan pengguna di bidangnya karena beberapa alasan berikut.

 

Also Read : Kelebihan Tokico Seri FRL yang Menjadikannya Pilihan Terbaik

 

-Karena prinsip penghitungannya menggunakan positive displacement, yaitu menggunakan penunjuk jarum, maka Tokico seri FGBB memiliki akurasi sangat tinggi, yakni 0,5%.


-Perusahaan pemroduksi merek ini berasal dari Jepang, yaitu Tokico System Solutions, ltd. Jepang terkenal dengan barang produksi berkualitas tinggi karena proses produksi mereka berjalan sesuai SOP (Standard of Procedure). 


-Counter-nya menggunakan jarum sehingga bisa menunjukkan hasil pengukuran sedetail mungkin.


-Memiliki varian flange dari berbagai ukuran. Flange sangat penting karena menjadi konektor antara satu pipa dengan pipa lain. Adanya variasi flange, akan lebih mudah untuk melakukan instalasi pipa satu dengan pipa lain.


-Arah aliran bisa horizontal maupun vertikal mengikuti kebutuhan instalasi pipa.


-Meskipun alat ini memiliki tingkat akurasi 0,5%, namun pengguna masih bisa menaikkan tingkat akurasinya menggunakan bantuan aksesoris lain, yaitu accuracy adjustor.


Material Penyusun

 

Material pembentuk Tokico seri FGBB adalah cast iron. Menurut Wikipedia, cast iron atau besi cor merupakan material besi-karbon dengan kandungan karbon lebih dari 2%. Materialnya tersusun atas 3-3,5% karbon dan 1,8-2,4% silikon.

 

Jenis Tokico Seri FGBB

 

Tokico seri FGBB memiliki 3 macam jenis, yaitu:

 

-Non Reset

 

Jenis seri non reset merupakan pengukur yang perhitungannya tidak bisa di-reset mulai dari 0 (nol), sehingga angka yang tertampil di counter merupakan jumlah akumulasi aliran dari pemakaian awal.

 

-Reset

 

Berbeda dari jenis Tokico seri FGBB non reset, perhitungan jenis reset bisa Anda mulai dari 0 (nol). Jadi alat ini bisa mengetahui jumlah aliran cairan hanya pada saat menyala.

 

See Our Product : Tokico Seri FGBB

 

Jenis reset memiliki dua macam indikator pada bagian atas dan bawah. Indikator bagian atas terdiri dari 7 digit berfungsi untuk menampilkan jumlah keseluruhan aliran yang pernah melewatinya, sedangkan indikator bagian bawah terdiri dari 5 digit menampilkan jumlah aliran pada saat alat menyala saja.

 

-Digital

 

Jenis digital terbuat dari bahan cast iron dan plastik. Bahan plastiknya terdapat bagian counter digital di bagian tengah. Bagian counter cukup fleksibel karena Anda dapat memutarnya sampai 90o untuk menyesuaikan posisi pada saat melakukan instalasi sehingga lebih mudah untuk membacanya.

 

See Our Product : Tokico Non Reset 1/2 Inchi Seri FGBB

 

Meskipun tampilan digitalnya lumayan kecil, namun bisa menampilkan angka sampai 8 digit. Tokico flow meter jenis digital angkanya bisa di-reset menjadi 0 (nol) kembali setelah pemakaian. Karena counter-nya digital, maka alat tersebut memerlukan baterai untuk bisa tetap menyala.

 

Kegunaan Tokico Seri FGBB

 

Tokico seri FGBB dapat Anda gunakan untuk mengukur besarnya aliran jenis cairan berikut:

 

-Bensin, solar, atau minyak ringan lain
-Minyak berat seperti: oli, minyak sawit mentah, atau minyak laut mentah.
-Minyak tanah


Tingkat Akurasi

 

Makin rendah persentase akurasi sebuah flow meter, berarti semakin akurat. Tingkat akurasi Tokico seri FGBB ini kurang lebih 0,5%, dengan kata lain, nilainya termasuk tinggi. Meski begitu, bukan tidak mungkin tingkat akurasinya bisa lebih tinggi. Anda tinggal menambahkan aksesoris bernama accuracy adjustor agar akurasinya naik menjadi 0,25%.

 

Ragam Ukuran Flange

 

Flange merupakan komponen untuk menghubungkan Tokico dengan elemen pipa. Ukuran flange Tokico seri FGBB bervariasi, ada 1 inchi, ¾ inchi, dan ½ inchi.

 

Kelebihan Tokico FGBB

 

Tokico seri FGBB memiliki banyak kelebihan, yaitu:

 

-Tingkat akurasi tinggi
-Harganya terjangkau
-Ada beberapa pilihan ukuran flange
-Desainnya ringkas
-Bisa memilih flow meter manual atau digital
-Memiliki material kuat karena terbuat dari cast iron
-Bisa berfungsi untuk kecepatan aliran yang relatif tinggi

 

Kekurangan Tokico FGBB

 

Karena terbuat dari cast iron, maka alat ini tidak bisa Anda gunakan untuk mengukur aliran air, karena air akan membuatnya menjadi cepat berkarat.

 

Distributor Tokico di Indonesia

 

Banyak distributor Tokico Indonesia, namun distributor resmi ditunjuk langsung oleh Tokico System Solutions, ltd, Jepang sebagai distributor tunggal di Indonesia adalah PT. Badja Abadi Sentosa. Untuk mendapatkan produk Tokico seri FGBB dari perusahaan tersebut, Anda dapat memesan secara online melalui anak perusahaannya lewat website ini.