Home / Tokico Flow Meter / Latest Tokico FRP Series Specifications

article Latest Tokico FRP Series Specifications cover image
10 December 2022 Tokico Flow Meter

Latest Tokico FRP Series Specifications

Tokico seri FRP merupakan salah satu jenis flow meter yang berfungsi untuk mengukur aliran berbagai material dalam bentuk cairan, udara, maupun bubuk. Alat ini mengukur kecepatan aliran dalam kurun waktu tertentu.

 

Sekilas Mengenai Tokico Seri FRP
 


Tokico seri FRP merupakan salah satu variasi produk pengukur aliran dari brand asal Jepang yaitu Tokico. Perusahaan pemroduksi pengukur aliran tersebut sudah berdiri sejak tahun 1950 dan sampai sekarang masih menjalankan bisnisnya di bidang fuel measurement. Jadi, sudah pasti barang-barang hasil produksinya memiliki kualitas sangat baik.

 

Also Read : Kelebihan dan Kekurangan Flow Meter Tokico Non-Reset

 

Seri FRP biasa digunakan untuk mengukur aliran bahan bakar seperti kerosin atau minyak dengan viskositas tinggi. Seri ini biasa Anda temukan pada perusahaan yang menjalankan bisnis perusahaan minyak dan gas atau bisnis lain sebagai flow meter minyak atau bahan fluida lainnya.

 

Mengapa Menggunakan Tokico Seri FRP

 

Flow meter sangat penting untuk berjalannya proses produksi. Tokico seri FRP menjadi salah satu flow meter yang sangat populer di kalangan industri di bidangnya karena beberapa alasan berikut.

 

-Prinsip penghitungannya menggunakan positive displacement, yaitu menggunakan penunjuk jarum, maka Tokico seri FRP memiliki akurasi sangat tinggi, yakni 0,5%.


-Produsen merek ini berasal dari Jepang, yaitu Tokico System Solutions, ltd. Jepang terkenal dengan barang produksi berkualitas tinggi karena proses produksi mereka berjalan sesuai SOP (Standard of Procedure). 


-Counter pengukurnya menggunakan jarum sehingga bisa menunjukkan hasil pengukuran sedetail mungkin.


-Memiliki varian flange dari berbagai ukuran. Flange sangat penting karena menjadi konektor antara satu pipa dengan pipa lain. Adanya variasi flange, akan lebih mudah untuk melakukan instalasi pipa satu dengan pipa lain.


-Arah aliran bisa horizontal maupun vertikal mengikuti kebutuhan instalasi pipa.


-Meskipun alat ini memiliki tingkat akurasi 0,5%, namun pengguna masih bisa menaikkan tingkat akurasinya menggunakan bantuan aksesoris lain, yaitu accuracy adjustor.


Material Tokico Seri FRP

 

Material pembentuk Tokico seri FRP adalah cast iron. Menurut Wikipedia, cast iron atau besi cor merupakan material besi-karbon dengan kandungan karbon lebih dari 2%. Materialnya tersusun atas 3-3,5% karbon dan 1,8-2,4% silikon.

 

Jenis dan Seri FRP

 

Tokico seri FRP memiliki 2 macam jenis, yaitu:

 

-Non Reset

 

Jenis seri non reset merupakan pengukur yang perhitungannya tidak bisa di-reset mulai dari 0 (nol), sehingga angka yang tertampil di counter merupakan jumlah akumulasi aliran dari pemakaian awal. Ciri dari Tokico seri FRP jenis ini yaitu hanya memiliki satu kolom angka saja. Kekurangan dari jenis ini tentu saja tidak bisa menghitung aliran yang berlangsung ketika alat menyala pada waktu tertentu saja. Jadi hanya bisa mengira-ngira pertambahan angka sebelum dan sesudah dilewati oleh aliran fluida dan gas.

 

-Reset

 

Berbeda dari jenis Tokico seri FRP non reset, penghitungan jenis reset bisa Anda mulai dari 0 (nol). Jadi alat ini bisa mengetahui jumlah aliran cairan hanya pada saat menyala.

 

See Our Product : Tokico Reset 3 Inchi Seri FRP

 

Jenis reset memiliki dua macam kolom angka pada bagian atas dan bawah. Kolom angka bagian atas terdiri dari 7 digit berfungsi untuk menampilkan jumlah keseluruhan aliran yang pernah melewatinya, sedangkan indikator bagian bawah terdiri dari 5 digit menampilkan jumlah aliran pada saat alat menyala saja.

 

Kegunaan Tokico Seri FRP

 

Tokico seri FRP dapat Anda gunakan untuk mengukur besarnya aliran jenis cairan berikut:

 

See Our Product : Tokico Seri FFL

 

-Bensin, solar, atau minyak ringan lain
-Minyak berat seperti: oli, minyak sawit mentah, atau minyak laut mentah.
-Minyak tanah


Tingkat Akurasi Tokico Seri FRP

 

Makin rendah persentase akurasi sebuah flow meter, maka semakin akurat. Tingkat akurasi Tokico seri FRP ini kurang lebih 0,5%, dengan kata lain, nilainya termasuk tinggi. Meski begitu, bukan tidak mungkin tingkat akurasinya bisa lebih tinggi. Anda tinggal menambahkan aksesoris bernama accuracy adjustor agar akurasinya naik menjadi 0,25%.

 

Ragam Ukuran Flange

 

Flange merupakan komponen untuk menghubungkan Tokico flow meter dengan elemen pipa. Ukuran flange Tokico seri FRP bervariasi, ada 3 inchi dan 4 inchi.

 

Kelebihan Seri FRP

 

Tokico seri FRP memiliki banyak kelebihan, yaitu:

 

-Tingkat akurasi tinggi
-Harganya terjangkau
-Ada beberapa pilihan ukuran flange
-Bisa memilih flow meter manual atau digital
-Memiliki material kuat karena terbuat dari cast iron
-Bisa berfungsi untuk kecepatan aliran yang relatif tinggi


Kekurangan Seri FRP

 

Karena terbuat dari cast iron, maka alat ini tidak bisa Anda gunakan untuk mengukur aliran air, karena air akan membuatnya menjadi cepat berkarat.

 

Distributor Tokico di Indonesia

 

Banyak distributor Tokico Indonesia, namun distributor resmi ditunjuk langsung oleh Tokico System Solutions, ltd, Jepang sebagai distributor tunggal di Indonesia adalah PT Badja Abadi Sentosa. Untuk mendapatkan produk Tokico seri FRP dari perusahaan tersebut, Anda dapat memesan secara online melalui anak perusahaannya lewat website Tokico Flow Meter Indonesia.