Home / Tokico Flow Meter / Tokico Non-Reset Flow Meter Advantages and Disadvantages

article Tokico Non-Reset Flow Meter Advantages and Disadvantages cover image
28 October 2022 Tokico Flow Meter

Tokico Non-Reset Flow Meter Advantages and Disadvantages

Zaman sekarang, tanpa disadari Flow meter sudah tersebar dan terpasang di berbagai rumah, gedung perkantoran maupun industri. Ada banyak jenis flow meter yang tersebar di pasaran, berdasarkan tempatnya mulai dari flow meter bensin atau flow meter spbu, dan dari jenis flow meter Tokico non reset maupun Tokico reset.

 

Alat ini sejatinya merupakan pengukur jumlah air, gas, atau material lainnya yang Anda butuhkan sehari-hari. Tidak heran kalau alat ini sangat penting untuk kebutuhan manusia terutama para pemilik perusahaan minyak dan gas dan pemasok peralatan industri. Lalu, apa sebenarnya alat ini?

 

Mengenal Flow Meter

 

Flow meter adalah alat untuk mengetahui jumlah atau besaran yang terdapat pada aliran material yang berbentuk cairan, bubuk, dan juga udara. Alat ini mengukur berbagai aspek, mulai dari flow rate atau yang punya nama lain kecepatan aliran, hingga volume atau total massa dari material yang mengalir pada waktu tertentu.

 

Also Read : Kelebihan Tokico Seri FRL yang Menjadikannya Pilihan Terbaik

 

Rata-rata orang menyebut alat ini sebagai pengukur aliran. Alat ini banyak Anda temukan mulai dari rumah tangga, bangunan perkantoran, bahkan bangunan industri. Alat ini sering Anda jumpai dalam pressure gauge pada pompa manual, regulator gas, speedometer, pengukur PDAM, dan lain-lain.

 

Fungsi Flow Meter

 

Flow meter punya fungsi yang cukup penting untuk kehidupan sehari-hari. Yang pertama adalah mengukur aliran listrik. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol aliran yang elektronik yang masuk sehingga kebutuhan elektronik lebih efisien.

 

Kedua, alat ini juga kerap Anda jumpai di rumah tangga dan tempat pengisian bahan bakar. Gunanya adalah untuk mengukur berbagai aliran dari air, gas, solar, bensin, dan lain sebagainya. Dengan adanya alat ini, Anda bisa mengetahui besaran material yang mengalir.

 

Ketiga adalah untuk menentukan efektivitas dan juga efisiensi dalam melakukan suatu proses pekerjaan. Dengan begitu, Anda dapat mengukur besaran material yang Anda gunakan, sehingga Anda bisa mengatur besar kecilnya tiap komponen yang berhubungan dengan material tersebut, sehingga kebutuhan produksi dan konsumsi bisa lebih efisien.

 

Keempat, Anda dapat menghitung penghematan biaya produksi. Sama seperti sebelumnya, efisiensi juga berkaitan dengan penghematan biaya, sehingga kita bisa menentukan jumlah material yang keluar untuk proses produksi atau konsumsi.

 

Kelima, alat ini dapat memudahkan Anda dalam proses pemantauan pengolahan limbah. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mendapat hasil optimal dalam penggunaan bahan-bahan kimia atau limbah lainnya.

 

Terakhir, alat ini dapat menentukan besaran heat energy di berbagai bangunan rumah maupun perkantoran yang menggunakan pemanas, AC, ataupun chiller, sehingga Anda dapat mengetahui temperatur ruangan dalam angka.

 

Cara Kerja Flow Meter

 

Flow meter memiliki cara kerja yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Ada beberapa faktor yang membedakan Alat ini dengan jenis yang lain yaitu kecepatan aliran, perbedaan tekanan, perubahan temperatur, volume ruangan, dan getaran yang menghasilkan torsi.

 

Alat ini bekerja berdasarkan teori matematika atau fisika dengan rumusan tertentu. Variabel yang digunakan untuk menghitung besaran material didapat dari sensor yang mengacu pada hukum dan juga teori-teori sehingga menghasilkan satuan angka yang mendekati valid. Ada berbagai macam jenis flow meter. Salah satunya adalah Flow Meter Non-Reset. Seperti apa alat ini?

 

Apa itu Flow Meter Non-Reset?
 

 

Flow meter non-reset merupakan alat pengukur aliran yang bisa tidak bisa Anda reset perhitungan masuk dan keluarnya berbeda dengan Flow Meter reset. Dengan kata lain, data perhitungan keluar ataupun masuk dari fluida tidak akan dapat dikembalikan ke angka nol kembali.

 

See Our Product : Tokico Non-Fluctuation 12 Inchi Seri FFL

 

Pada pengukur aliran jenis ini, Anda tidak akan menemukan kolom reset. Anda hanya akan melihat kolom yang menampilkan totalizer saja. Jadi, apakah pengukur aliran non-reset ini tidak lebih unggul dari tipe reset? Belum tentu! Ini kelebihan flow meter non-reset dari brand Tokico.

 

Kelebihan Flow Meter Tokico Non Reset


Flow Meter Non Reset memiliki kelebihan hampir sama seperti tipe reset. Alat pengukur aliran ini masuk dalam Positive displacement flow meter. Dari segi bahan, juga sangat kuat karena terbuat dari besi.  Namun, karena bahan pembuatannya yang dari besi, pengukur aliran jenis ini kurang cocok untuk pengukuran air karena dapat menyebabkan korosi atau karat.

 

See Our Product : Tokico Non-Fluctuation 14 Inchi Seri FFL

 

Namun, pengukur aliran jenis ini dapat Anda gunakan pada kecepatan putar yang sangat tinggi. Unit perhitungannya ringkas dan mudah terbaca. Lalu konstruksinya yang sederhana membuatnya mudah untuk Anda rangkai.

 

Pengukur aliran ini cocok untuk minyak tanah, bensin, atau solar, oli, hingga minyak laut mentah. Segala macam pengukur aliran merk Tokico ini memiliki tingkat akurasi mencapai 0,5%. Jadi jangan ragu untuk kualitasnya. 

 

Kelebihan lainnya adalah harganya yang relatif murah. Untuk mengetahui informasi mengenai distributor Tokico Flow Meter dan harga, Anda bisa kunjungi di website resmi Tokico Solar Flow Meter.

 

Pilih Tipe Terbaik Sesuai Kebutuhan

 

Baik Flow meter Tokico Non Reset maupun reset, keduanya memiliki kelebihan masing-masing sesuai dengan kegunaannya. Meskipun data tipe non reset tidak dapat dikembalikan ke nol, namun tipe ini punya harga yang lebih murah dibandingkan tipe reset.