Home / Tokico Flow Meter / Apa Itu Alat Flow Meter? Dapatkan Penjelasannya Disini!

article Apa Itu Alat Flow Meter? Dapatkan Penjelasannya Disini! cover image
13 April 2024 Tokico Flow Meter

Apa Itu Alat Flow Meter? Dapatkan Penjelasannya Disini!

Alat Flow Meter

Sudahkan Anda mengetahui apa itu alat flow meter? Flow meter merupakan alat yang berperan dalam dunia industri dan teknik. Alat ini menjadi krusial dalam berbagai bidang karena kemampuannya dalam mengukur laju aliran fluida, baik gas maupun cair.

 

Pengelolaan air hingga proses industri yang rumit mengaplikasikan flow meter. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait pengertian, cara kerja, jenis-jenisnya, serta berbagai aplikasi yang meluas, simak uraian di bawah ini!

 

Apa Itu Alat Flow Meter?


Flow meter memiliki peran penting dalam berbagai industri, bahkan dalam rumah tangga. Namun, sudah Anda tahu apa itu peralatan flow meter? 

 

Flow Meter adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur pergerakan fluida atau cairan, yang telah menjadi hal umum di berbagai industri seperti konstruksi dan pertambangan. 

 

Namun, dalam kehidupan sehari-hari, alat ini kerap dijumpai, misalnya regulator gas, pompa air, atau gas meter PGN.

Dalam pengertian lain, Flow Meter merupakan perangkat pengukur yang digunakan untuk mengestimasi volume aliran bahan, termasuk udara, cairan, dan serbuk. Instrumen ini memungkinkan pengukuran laju aliran dan volume yang melewati suatu titik dalam suatu periode waktu tertentu.

 

Selain digunakan untuk mengukur aliran perpindahan positif yang dipengaruhi oleh gaya yang dihasilkan oleh aliran serta untuk mengatasi kendala yang sudah dikenal, metode pengukuran aliran juga digunakan untuk menentukan aliran secara tidak langsung. 

 

Pengukuran aliran dapat dilakukan dengan mengukur kecepatan fluida di area yang telah ditetapkan. Untuk aliran yang sangat besar, metode pelacakan dapat digunakan untuk menentukan laju aliran dengan memonitor perubahan konsentrasi zat warna atau radioisotop.

 

Mengenal Fungsi Alat Flow Meter
 Flow meter solar

Alat ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan aliran material seperti cairan, gas, dan bubuk dalam suatu lintasan aliran. 

 

Hal ini meliputi pengukuran aspek-aspek tertentu dari aliran tersebut, seperti kecepatan aliran (flow rate) dan total massa atau volume material yang lewat dalam periode waktu tertentu. Sering juga disebut sebagai totalizer. 

 

Dengan demikian, flow meter membantu dalam memantau dan mengelola aliran material dalam sistem secara efisien.

Parameter-parameter dari aliran material yang sedang diukur dapat diketahui melalui alat flow meter. Data angka yang diperoleh bisa digunakan secara langsung atau diteruskan sebagai sinyal untuk menghasilkan aliran listrik. 

 

Sinyal ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai input pada sistem pengendalian atau rangkaian listrik lainnya, memungkinkan untuk mengontrol aliran material dengan lebih efektif.

 

Mengenal Jenis-Jenis Komponen Flow Meter


Flow meter memiliki jenis yang sangat beragam, bergantung dengan tujuan, kegunaan, dan kebutuhan di lapangan. Setiap jenisnya juga bisa dibedakan berdasarkan jenis komponen bahan, merek, serta ukurannya.

 

Ultrasonic flow meter hanya bisa digunakan untuk jenis cairan homogen, tidak bisa untuk slurry atau lumpur. Jenis alat ini dapat digunakan untuk aliran sebab gravitasi maupun aliran yang lambat.

 

Jenis yang lainnya ada Thermal mass flow meter, Pump Test Meter atau venturi flow meter, portable flow meter, open channel flow meter, variable area meter, differential head flow meter, positive displacement meter, dan turbin meter.

 

Selain itu juga ada flow meter untuk solar, yakni alat atau dikenal dengan istilah fuel meter. Alat jenis ini sering diaplikasikan dalam industri transportasi, manufaktur, serta kebutuhan sehari-hari. 

 

Flow meter solar biasanya diaplikasikan dalam proses produksi burner pada drying untuk painting, steam boiler, serta aplikasi lainnya.

 

Jika Anda membutuhkan flow meter untuk solar atau jenis lainnya yang berkualitas dan asli, Tokico Flow Meter Indonesia adalah pilihan yang tepat. Berbagai jenis dan ukuran bisa Anda dapatkan di subsidiary PT. Badja Abadi Sentosa.

 

Keaslian produk dijamin 100% dengan tersedianya garansi resmi serta sertifikat keaslian. Kualitas terbaik dan pemeliharaan yang mudah bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda dalam memilih produk. 

 

Selain itu, pemesanan untuk area JABODETABEK tersedia layanan gratis ongkos kirim. Jangan tunggu lagi, segera pesan alat flow meter terbaik dari Tokico Flow Meter Indonesia.