Home / Tokico Flow Meter / Ragam Fungsi Flowmeter untuk Berbagai Kebutuhan yang Perlu Diketahui

article Ragam Fungsi Flowmeter untuk Berbagai Kebutuhan yang Perlu Diketahui cover image

Ragam Fungsi Flowmeter untuk Berbagai Kebutuhan yang Perlu Diketahui

Fungsi flowmeter dapat saja berbeda-beda tergantung dari jenis, pengaplikasian alat, maupun tujuannya. Kegunaan flow meter secara umum memiliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi sebuah keadaan. Oleh sebab itu, pemakaian flow meter ini dapat menjadi begitu krusial.

Flow meter sendiri adalah alat ukur yang tampaknya sudah tak asing lagi untuk sebagian orang. Terlebih bagi mereka yang akrab dengan pekerjaan konstruksi dan bangunan. Pasalnya, alat ini banyak terpasang di berbagai bangunan mulai dari hunian, perkantoran, maupun industri manufaktur.

Selain itu, flow meter juga banyak dipergunakan pada water meter di PDAM serta pada utility berbagai alat rumah tangga, seperti pompa atau regulator gas. Kebutuhan flow meter ini menjadi cukup penting dan krusial.

Hal tersebut mengingat gas, air, serta cairan dalam bentuk yang lain begitu dibutuhkan di dalam keperluan keseharian. Alat satu ini merupakan parameter di dalam menentukan seberapa banyak kebutuhan terhadap material tersebut serta berapa banyak dana yang mesti dikeluarkan untuk pemakaiannya.

 

Pengertian dan Fungsi Flowmeter

 

Apa itu flow meter? Pengertian flow meter sendiri yaitu sebuah alat yang dipergunakan untuk mengetahui besaran di dalam seluruh aspek yang ada di suatu aliran material. Baik yang berupa udara, cairan, atau bubuk.

 

Baca Juga : Tokico Reset 2 Inchi Seri FRO Terbaik | Tokico Flow Meter Indonesia

 

Flow rate adalah aspek yang diukur lewat flow meter ini. Flow rate ini merupakan kecepatan aliran dan juga volume atau total massa dari material yang mengalir pada jangka waktu tertentu. Banyak juga yang menyebut flow meter ini dengan istilah alat pengukur aliran.

Flow meter banyak Anda temukan di dalam berbagai bidang. Mulai dari industri alat transportasi, manufaktur, dan berbagai peralatan rumah tangga. Di dalam kehidupan keseharian, Anda dapat mendapati flow meter ini di speedometer, regulator gas, pressure gauge pada pompa manual, dan masih banyak lagi.

Salah satu fungsi flow meter yaitu bisa Anda pergunakan untuk mengukur laju cairan yang mengalir. Jenis fluida yang dapat mengalir di dalam flow meter ini berupa gas, cairan, dan juga solid.

Untuk jenis liquid, bisa berupa air, lumpur, limbah, PDAM, air sungai, air laut, sirup, kecap, gula, dan susu. Sedangkan, untuk jenis fluida gas dapat berupa udara, LPG, LNG, CNG, oxygen, nitrogen, dan lain sebagainya.

Ingin mendapatkan flow meter untuk berbagai kebutuhan? Silahkan hubungi PT. Badja Abadi Sentosa!

 

Kegunaan Flow Meter

 

fungsi flowmeter


Tiap-tiap penggunaan sebuah alat tentunya mempunyai tujuan maupun fungsi tersendiri, tak terkecuali pemakaian flow meter. Fungsi flowmeter sendiri terbilang cukup penting lantaran bisa menjadi tolok ukur atau parameter guna meningkatkan efektivitas serta efisiensi di sebuah kondisi.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Digital 1 1/2 Inchi Seri FRL

 

Akan tetapi, apabila Anda menelaah lebih dalam, manfaat alat ini dapat berbeda-beda. tergantung dari tujuan jenis alat, maupun cara pengaplikasian flow meter. Beberapa manfaat flow meter adalah sebagai berikut.

 

Mengetahui Tolok Ukur Ukuran Pada Rangkaian Elektronik


Selain dapat Anda pakai untuk mengukur udara, air, atau material bubuk, flow meter juga bisa Anda pergunakan sebagai alat pengukur aliran listrik. Pada fungsi flowmeter ini, penggunaan parameternya yaitu flow rate alias kecepatan aliran dari listrik tersebut. 

 

Lihat Produk Kami : Tokico Seri FRL

 

Berikutnya, flow rate listrik yang terbaca bakal dikonversi jadi data di dalam bentuk angka. Nah, hasil dari data tersebut nantinya akan dipergunakan untuk mengatur bagaimana menghasilkan aliran listrik serta sinyal. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan aliran tersebut sebagai input pada rangkaian elektronik yang lain.

 

Untuk Mengetahui Besaran Ukuran Aliran Suatu Material


Di dalam kehidupan keseharian, flow meter dapat Anda pakai sebagai alat ukur besaran aliran pada berbagai material. Seperti flow meter air, bensin, solar, gas, listrik, dan lain sebagainya. 

Dengan memakai flow meter, Anda dapat mengetahui secara pasti berapa besaran maupun panjang saluran yang dibutuhkan. Berikutnya, pada fungsi flowmeter ini, data besaran ukuran yang Anda peroleh dapat dipakai untuk mencari tahu kebutuhan aliran dengan tepat.

 

Menentukan Efisiensi serta Efektivitas Sebuah Proses

 

Hasil pengukuran flow meter dapat Anda pakai untuk penyesuaian besar kecilnya suatu aliran. Penyesuaian tersebut dilakukan guna menambah efisiensi proses sesuai dengan kebutuhan. Fungsi flowmeter ini biasa dipergunakan pada industri, bangunan, maupun alat rumah tangga.

Contohnya, pada sebuah industri manufaktur yang tengah melakukan proses pembangunan. Cukup penting untuk industri tersebut memperhatikan kebutuhan tekanan udara, air, serta steam. Besar kecilnya kebutuhan tersebut mestu menyesuaikan kebutuhan lini produksi maupun konsumsi mesin produksi.

Dengan Anda tahu berapa kebutuhan air, steam, dan tekanan udara, maka bakal lebih gampang di dalam meningkatkan efisiensi serta efektivitas proses yang Anda jalankan.

 

Menghitung Besaran Heat Energy


Flow meter ini banyak Anda temukan di mall, hotel, atau industri yang biasanya memakai heater alias sistem pemanas maupun sistem pendingin, seperti chiller atau AC. Fungsi flowmeter dalam hal ini yaitu untuk menghitung besaran heat energy yang dihasilkan.

Nah, hasil dari pengukuran flow meter yang berupa data angka flow rate selanjutnya dikalkulasi menggunakan diferensial temperatur sebelum masuk ruangan. Kebutuhan terhadap suhu panas maupun dingin di ruangan itu juga dapat Anda hitung secara akurat. Sehingga, bisa meningkatkan efisiensi biaya.

 

Mempermudah Proses untuk Memantau Pengolahan Limbah


Bukan hanya bermanfaat untuk keperluan industri yang menghasilkan suatu produk saja, namun flow meter juga punya fungsi yang cukup vital di dalam proses pengolahan limbah.

Pasalnya, alat ini dibutuhkan guna memperoleh hasil optimalisasi pemakaian berbagai bahan kimia atau cairan limbah. Dengan demikian, besaran biaya proses pengolahan limbah tetap dapat terpantau.

Pilih Flow Meter Sesuai dengan Jenis Cairan yang Anda Ukur

Alat ini punya spesifikasi yang berbeda-beda, sesuai jenis cairan yang hendak diukur. Sebagai contoh, jenis flow meter yang dipakai untuk mengukur limbah tambang dengan limbah air sungai tentu tidak sama.

Sehingga, apabila Anda hendak membeli alat ukur laju cairan ini, tentukan lebih dulu jenis cairan yang hendak Anda ukur. Hal tersebut juga bertujuan untuk menentukan bahan dari flow meter itu sendiri.

Salah satu jenis flow meter yang bisa Anda beli adalah Tokico Digital 1 1/2 Inchi Seri FRL yang merupakan alat pengukur aliran oli elektronik yang berasal dari produsennya langsung di Jepang yaitu www.tokicosys.com/en/. Untuk informasi lebih lanjut klik link ini!

 

Beli Flow Meter dari Tempat Terpercaya

 

PT. Badja Abadi Sentosa sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun dalam hal membantu maupun men-support pelanggan. Pastinya, dalam hal pengadaan maupun instalasi flow meter untuk masyarakat di seluruh Indonesia.

Pada praktiknya, PT. Badja Abadi Sentosa bukan hanya menjadi supplier, melainkan juga turut membantu serta mendampingi para pelanggan. Mulai konsultasi, instalasi, jasa kalibrasi flow meter, sampai after-sales services.

PT. Badja Abadi Sentosa adalah distributor tunggal dan resmi penjualan produk lc meter di Indonesia. Nah, setelah mengenal fungsi flowmeter, apakah Anda tertarik untuk menggunakan jasa PT. Badja Abadi Sentosa? Klik website kami di sini!