Home / PT Badja Abadi Sentosa / Kenali Definisi, Kegunaan, dan Fungsi Flow Meter pada Distributor Tokico Flow Meter

article Kenali Definisi, Kegunaan, dan Fungsi Flow Meter pada Distributor Tokico Flow Meter cover image

Kenali Definisi, Kegunaan, dan Fungsi Flow Meter pada Distributor Tokico Flow Meter

Alat pengukur aliran atau yang biasa disebut dengan flow meter telah banyak diaplikasikan dalam beragam jenis fluida. Misalnya, pada distributor Tokico flow meter menyediakan flow meter untuk berbagai keperluan pengukuran minyak seperti, bahan bakar minyak diesel, minyak boiler, minyak tanah, minyak ringan, dan minyak berat.

 

Apa itu Flow Meter?

 

Apa sih sebenarnya flow meter itu? Flow meter adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa atau volume suatu fluida (liquid, gas, dan solid) dalam sebuah aliran dinamis. Flow meter biasa digunakan untuk mengukur fluida yang bergerak baik dalam saluran pipa terbuka, seperti sungai, kanal, atau parit, maupun dalam saluran pipa tertutup.

 

Kegunaan Flow Meter

 

Flow meter dapat mengukur berbagai jenis fluida, mulai dari fluida cairan atau liquid, gas, hingga solid seperti cairan kimia, minyak kelapa sawit, dan minyak lainnya.

 

Baca Juga : Flow Meter Bensin Tokico dengan Kualitasnya yang Sudah Terjamin

 

Lalu, apakah kita pernah menemukan flow meter di sekitar kita? Tentu pernah. Aplikasi flow meter yang paling banyak kita jumpai di sekitar kita adalah sebagai alat pengukur volume air, debit air, atau menghitung flow rate pada pompa.

 

Jika Anda menggunakan sumber air dari PDAM, mereka juga menggunakan alat ini untuk menghitung besaran volume air yang telah dipakai oleh kita. Jadi, jumlah penagihan biaya air dapat dihitung secara akurat sesuai dengan besaran air yang telah kita gunakan.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Non-Fluctuation 12 Inchi Seri FFL

 

Selain itu, flow meter juga banyak ditemukan untuk mengukur aliran gas dan aliran minyak, seperti Tokico flow meter. Setiap jenis flow meter memiliki fitur dan fungsi yang berbeda bergantung pada jenis fluida. Bagi Anda yang sedang mencari distributor flow meter, pastikan Anda telah memahami jenis fluida apa yang akan Anda ukur, jenis flow meter yang akan digunakan, serta spesifikasinya. Sebab, jika Anda salah memilih jenis flow meter dapat berakibat fatal dan menghabiskan biaya yang tidak murah.

 

Fungsi Flow Meter pada Distributor Tokico Flow Meter

 

 

Kegunaan flow meter telah diketahui, lalu sebenarnya apa sih fungsi flow meter itu? Simak penjelasan fungsinya berikut ini.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Non-Fluctuation 10 Inchi Seri FFL

 

1. Mengukur jumlah total volume dari fluida yang mengalir. Satuan unit pengukurannya yakni m3, gallon, liter, dan lainnya.


2. Mengukur kecepatan aliran (velocity) dengan satuan jarak atau waktu, yakni meter/detik, meter/menit, meter/jam.


3. Mengukur kapasitas aliran (flow rate) dalam saluran pipa. Satuan unit pengukurannya yakni LPS, LPM, LPH, m3/menit, m3/h, GPH, GPM, dan lainnya.


4. Mengontrol output berupa analog output, seperti pulsa, RS485, 4-20 mA, relay contact, dan lain-lain.


Nah itu tadi penjelasan tentang flow meter, kegunaan, dan fungsinya. Jika Anda mencari tempat jual flow meter, seperti distributor Tokico flow meter pastikan Anda mengetahui jenis fluida yang akan diukur, jenis flow meter yang digunakan, beserta spesifikasinya.