Home / Tokico Flow Meter / Mengenal Flow Meter Tokico dan Tokico Reset ½ inchi Seri FGBB

article Mengenal Flow Meter Tokico dan Tokico Reset ½ inchi Seri FGBB cover image

Mengenal Flow Meter Tokico dan Tokico Reset ½ inchi Seri FGBB

Flow meter Tokico adalah alat yang digunakan untuk mengukur berbagai macam bahan bakar dengan berbagai tipe. Tokico reset ½ inchi seri FGBB menjadi salah satu tipe yang banyak digunakan sebagai alat pacuan ukur.

Tipe-tipe flow meter Tokico sangat beragam dengan beberapa variasi ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Alat ini bisa didapatkan dengan mudah karena sudah banyak distributor-distributor terpercaya yang menjual flow meter Tokico.

 

Flow Meter Tokico dan Tokico Reset ½ Inchi Seri FGBB


Flow meter adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan aliran, volume, atau total massa air. Salah satu flow meter yang banyak digunakan adalah Tokico, berikut penjelasan mengenai flow meter Tokico dan informasi lainnya.

 

Sekilas tentang Flow Meter Tokico 


Flow meter Tokico adalah salah satu alat pengukur cairan yang cukup berkembang di Indonesia sudah cukup banyak beredar khususnya digunakan untuk aplikasi liquid solar.

 

Baca Juga : Mengenal Fungsi Dan Keunggulan Dari Tokico Vertical Type

 

Tokico yang banyak dijual adalah flow meter jenis positive displacement atau gear flow meter, biasanya disingkat dengan PD meter. Disebut juga flow meter analog atau flow meter manual yang sistem countingnya menggunakan mechanical register.

PD meter banyak digunakan dalam berbagai macam pengujian pengukuran termasuk untuk pengukuran bahan bakar boiler, solar, untuk minyak tanah, minyak ringan, dan minyak berat.

Flow meter Tokico memiliki kualitas yang baik, paling sering di instal di pabrik-pabrik maupun industri lainnya seperti genset fueling, fueling truck system, mining, dan lainnya. Tingkat akurasi dari Tokico flow meter adalah 0.5%.

 

Jenis Flow Meter Tokico

 

Tokico Reset ½ inchi Seri FGBB


Tokico flow meter menawarkan 3 jenis produk terbaiknya yang bisa dipilih. Setiap produk menyediakan beberapa ukuran. Produk yang ditawarkan mulai dari ukuran ½ inchi dan varian ukuran lainnya. Berikut detailnya:

 

1. FGB Type


FGB type memiliki material yang bagus dengan berbahan resin yang membuat rotor menjadi kuat dan tahan lama. Tipe ini pas untuk kebutuhan pengisian bahan bakar maupun proyek.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Seri FGBB

 

Tipe FGB menjadi salah satu flow meter Tokico yang ideal untuk arus dengan kecepatan 40 hingga 3000 L/h. Ukuran yang ditawarkannya juga bervariasi, mulai dari 155 mm atau ½ inch, 20 mm atau 2/3 inch, dan 25 mm atau 1 inch.

Harga untuk jenis flow meter ini tergolong cukup terjangkau yang sudah bisa dipesan juga secara online.

 

2. FRO Type


FRO type adalah flow meter yang menggunakan bahan aluminium dan termasuk material yang tahan lama. Jika membutuhkan flow meter untuk arus 800 hingga 15.000 L/h, maka jenis ini bisa menjadi pilihannya.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 1/2 Inchi Seri FGBB

 

Ada berbagai ukuran yang ditawarkan jenis ini, mulai dari 40 mm atau 1.5 inci hingga 50 mm atau 2 inci. Bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan cocokan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli.

Tipe ini memiliki tingkat akurasi yang bagus sekitar 1.5% error. Pressure loss jenis ini sangat rendah sehingga akurasinya dijamin bagus.

 

3. FRP Type


Tipe FRP adalah tipe yang cocok untuk arus dengan kecepatan 600 hingga 130.000 L/h. Roots rotornya terbuat dari bahan material cast iron yang bagus dan membuat produk semakin kuat dan tahan lama.

Untuk tingkat akurasinya sangat baik yaitu 0.5% error dengan pressure loss yang rendah sehingga akurasinya bagus.

Ada beberapa variasi ukuran yang ditawarkan jenis ini, mulai dari 800 mm atau 3 inci, 1000 mm atau 4 inci, dan 1500 mm atau 6 inci.

 

Tokico Seri FGBB


Flow meter Tokico FGBB adalah jenis flow meter yang berfungsi untuk mengukur aliran berbagai material dalam bentuk cairan, bubuk, maupun udara. Alat untuk mengukur kecepatan aliran dalam kurun waktu tertentu.

Tipe FGBB biasanya digunakan untuk mengukur aliran bahan bakar seperti minyak dengan viskositas tinggi atau kerosin. Biasanya bisa ditemukan pada perusahaan yang menjalankan bisnis perusahaan minyak dan gas.

Jenis flow meter ini cukup populer karena beberapa alasan seperti prinsip perhitungan yang menggunakan positive displacement yaitu menggunakan penunjuk jarum. Tingkat akurasinya sangat tinggi yaitu 0.5%.

Selain itu, counternya menggunakan jarum yang bisa menunjukkan hasil pengukuran sedetail mungkin. Tersedia flange berbagai ukuran yang akan memudahkan untuk melakukan instalasi pipa satu dengan pipa lain.

Tidak hanya itu saja, arah aliran juga bisa horizontal maupun vertikal yang mengikuti kebutuhan instalasi pipa. Walaupun tingkat akurasinya 0.5%, pengguna masih bisa menaikkan akurasinya menggunakan bantuan aksesoris lain, accuracy adjustor.

Tokico FGBB memiliki 3 jenis juga yaitu jenis non reset, reset, dan digital. Berikut penjelasannya:

 

1. Non Reset


Non reset adalah pengukur yang perhitungannya tidak bisa di reset mulai dari 0, jadi angka yang ditampilkan di counter adalah jumlah akumulasi aliran dari pemakaian awal.

 

2. Reset


Reset adalah pengukur yang perhitungan bisa mulai dari 0, bisa mengetahui jumlah aliran cairan hanya pada saat menyala. Jenis ini ada 2 indikator pada bagian atas dan bawah.

Pada bagian atas terdiri dari 7 digit yang berfungsi untuk menampilkan jumlah keseluruhan aliran yang melewati. Indikator bagian bawah terdiri 5 digit yang menampilkan jumlah aliran pada saat alat menyala saja.

 

3. Digital

 

Jenis ini terbuat dari bahan cast iron dan plastik yang terdapat bagian counter digital di bagian tengah. Bagian counternya cukup fleksibel yang bisa memutar 90 derajat menyesuaikan posisi saat melakukan instalasi hingga lebih mudah membacanya.

 

Tokico Reset ½ Inchi Seri FGBB Terbaik


Tokico reset ½ inchi dari seri FGBB adalah flow meter yang proses perhitungannya bisa dimulai dari dari angka 0. Pengguna bisa mengetahui jumlah aliran yang masuk atau keluar saat itu.

Alat ini pada tampilan counternya ada 2 kolom yaitu totalizer dan kolom liters. Totalizer untuk mengetahui jumlah akumulasi cairan, liters untuk melihat cairan yang masuk atau keluar saat flow meter dijalankan.

Cairan yang bisa digunakan pada alat ini berupa minyak tanah, minyak ringan yaitu solar dan bensin, minyak berat (oli, minyak laut mentah, dan minyak sawit mentah. Tingkat akurasinya ± 0.5% dengan ukuran ½ inchi.

Rentang aliran setiap cairan yaitu minyak tanah dan minyak ringan sekitar 40 ~ 200 L/h, minyak berat kelas A 5 ~ 200 L/h. 

Tingkat kekentalan cairan minyak tanah dan minyak ringan 1.2cP ~ 2cP, minyak berat kelas A yaitu 10cP, minyak kelas berat B yaitu 50cP ~ 300cP. 

Maksimal tekanannya yaitu 10 Kgf/cm2, tes tekanan hydraulic yaitu 20 Kgf/cm2, dan maksimal temperaturnya 80 derajat celcius. Terbuat dari bahan material cast iron.

Flow meter bahkan dibutuhkan pada forklift yang berguna untuk melakukan konfirmasi tekanan hidrolik terhadap spesifikasi standar. Jadi, flow meter memang dibutuhkan di banyak industri.

Bagi Anda yang membutuhkan flow meter Tokico reset ½ inchi seri FGBB untuk mendukung kegiatan bisnis, Anda bisa membelinya di distributor terpercaya, seperti Tokico Flow Meter Indonesia. Kami menyediakan beragam pilihan flow meter sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah ulasan singkat mengenai flow meter Tokico dan Tokico reset ½ inchi seri FGBB sebagai alat untuk mengukur berbagai macam bahan bakar. Silahkan pilih flow meter yang sesuai dengan kebutuhan.