Home / Tokico Flow Meter / Kenali Jenis Meteran Minyak Solar dan Cara Membelinya

article Kenali Jenis Meteran Minyak Solar dan Cara Membelinya cover image

Kenali Jenis Meteran Minyak Solar dan Cara Membelinya

Penggunaan meteran minyak solar biasanya diaplikasikan oleh perusahaan besar yang berkecimpung di industri minyak. Jika berbicara secara teknis, alat ini digunakan untuk membantu pekerja dalam mendapatkan data real time yang akurat ketika bertugas di lapangan.

 

Baca Juga : Flow Meter Bensin Tokico dengan Kualitasnya yang Sudah Terjamin

 

Salah satu pertimbangan dalam penggunaan alat ini adalah jenis alirannya yang bisa berupa saluran terbuka atau tertutup. Hal ini berlaku secara umum dan banyak juga diterapkan dalam skala industri yang luas.

 

Jenis Meteran Minyak Solar

 

Meteran Minyak Solar


Bagi pelaku industri, penggunaan meteran minyak solar sangat dibutuhkan untuk mempermudah pekerjaan. Salah satu distributor resminya adalah Tokico Flow Meter Indonesia yang sudah dipercaya oleh banyak customer. Kami menyediakan beberapa jenis meteran dari Tokico yang akan diulas berikut ini:

 

1. Meteran Minyak Solar Tokico Seri FRL (Electronic Oil Digital)


Pengukuran aliran oli elektronik merupakan pengukuran aliran tipe positive displacement yang digunakan dalam pengukuran bahan bakar minyak untuk boiler dan oli mesin diesel. 

 

Lihat Produk Kami : Tokico Non Reset 1/2 Inchi Seri FGBB

 

Jika Anda menggunakan Tokico Seri FRL, cairan yang digunakan adalah minyak tanah, minyak ringan seperti bensin dan solar, lalu ada minyak berat seperti oli, minyak laut mentah, dan minyak sawit mentah.

 

2. Tokico Seri FGBB


Tokico seri ini memiliki beberapa jenis yaitu Tokico Non Reset dengan ukuran ½, ¾, dan 1 inchi, Tokico Reset dengan ukuran ½, ¾, dan 1 inchi, dan ada Tokico Digital dengan ukuran ½, ¾, dan 1 inchi.

 


Tokico non reset ini proses penghitungannya tidak bisa di reset atau tidak bisa dihitung mulai dari nol lagi. 

Proses penghitungan pada jenis ini dilakukan secara terus menerus dari awal hingga akhir pemakaian. Jadi yang terlihat di counter adalah nilai akumulasi berdasarkan penghitungan pemakaian saja.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 3/4 Inchi Seri FGBB

 

Tokico ini termasuk ke dalam positive displacement flow meter dan bahannya terbuat dari besi yang membuat Tokico tidak bisa digunakan untuk cairan berbentuk air karena jika digunakan untuk air, bahannya akan mudah berkarat.

Tokico Tipe positive displacement ini dapat digunakan pada kecepatan putar yang relatif tinggi sehingga menghasilkan desain yang lebih ringkas namun mudah dibaca dan konstruksinya sederhana.

 


Berbanding terbalik dengan Tokico Non Reset, Tokico Reset proses penghitungannya bisa dimulai dari angka nol. Sehingga untuk setiap pemakaian flow meter, pengguna akan mengetahui jumlah aliran yang masuk dan keluar saat itu.

Pada unit ini tampilan counter terdapat 2 kolom, yaitu totalizer untuk mengetahui jumlah akumulasi cairan yang sudah dikeluarkan atau dimasukkan, dan kolom kedua terdapat liters untuk melihat cairan yang masuk atau keluar saat flow meter dijalankan.

 


Tokico Digital seri CCG memiliki counter yang terbuat dari bahan plastik dan bisa disesuaikan tampilannya hingga 45 derajat dan 90 derajat. 

Unit penghitung akan menyediakan fungsi pendeteksian aliran normal dan juga kontra. Tampilan digitalnya mudah dibaca hingga 8 digit namun ukuran tampilannya saja yang kecil. Pengaturan tampilan perhitungannya bisa di reset kembali menjadi nol dan baterainya tahan hingga 3 tahun.

 

3. Tokico Seri FRO


Tokico seri ini kami menyediakan yang tipe reset dengan ukuran 1 ½ inchi dan 2 inchi. Dikarenakan Tokico Seri FRO menggunakan tipe reset, maka proses penghitungannya bisa dimulai dari angka nol.

 

4. Tokico Seri FRP


Tokico Seri FRP yang digunakan adalah tipe reset dengan ukuran 3 inchi. Sama seperti tipe reset pada seri yang lain, Tokico Seri FRP juga menerapkan penghitungan yang bisa dimulai dari angka nol.

 

5. Tokico Seri FFL


Tokico Seri FFL menggunakan tipe Non-Fluctuation dengan ukuran 6, 8, dan 10 inchi. Tokico seri ini menggunakan pengukur aliran non fluktuasi tipe vertikal yang telah dikembangkan untuk penggunaan pengukuran aliran dalam volume yang besar. 

Pengukuran ini adalah pengukuran aliran volumetrik yang mengukur aliran secara langsung dengan sepasang akar kombinasi 45 derajat yang digunakan sebagai rotor. Dikarenakan akar kombinasi 45 derajat berputar dengan kecepatan yang konstan, maka terjadi tekanan pulsasi sangat rendah.

Dari terjadinya tekanan pulsasi yang sangat rendah tersebut menghasilkan kebisingan dan getaran yang rendah selama pengukuran dalam volume yang besar.

Selain itu, Tokico seri ini memiliki daya tahan yang unggul. Sama seperti pada struktur tipe vertikal, beban rotor terbesar akan mengarah ke arah beratnya sendiri atau ke bantalan poros dan arah beban putar atau bantalan radial. 

Hal ini akan memberi beban bantalan menjadi lebih kecil dan akan bertahan pada periode penggunaan yang lama. Tapi, dengan mengadopsi bantalan poros maka rotor berputar sangat ringan dan memberikan kerugian tekanan rendah serta mampu mengambil aliran dalam lingkup yang lebih luas.

 

Jual Meteran Minyak Solar Original


Apabila Anda tertarik dengan produk dari Tokico, jangan ragu dan sungkan untuk menghubungi kami karena telah dipercaya menjadi distributor resmi penyedia produk Tokico.

Tokico menjadi salah satu merk ternama yang mengeluarkan produk pengukuran cairan. Tokico terkenal karena memiliki kualitas yang sangat baik dengan harga terjangkau. Produk asal Jepang ini memiliki tingkat akurasi sebesar 0,5% dan memiliki pertahanan yang bagus terhadap tekanan rendah.

Itulah beberapa jenis dari meteran minyak untuk solar yang perlu Anda ketahui. Percayakan kepada kami, Tokico Flow Meter Indonesia sebagai penyedia produk Tokico yang asli dan bergaransi. Kami di bawah naungan PT Badja Abadi Sentosa dan terdaftar sebagai distributor resmi beberapa brand ternama.

Temukan produk lain untuk meteran selain meteran minyak solar dari Tokico dengan menghubungi customer service kami atau mengunjungi kantor kami yang beralamat di Komplek Glodok Jaya, Ruko No. 90 Jl. Hayam Wuruk, Jakarta 11180.