Home / Tokico Flow Meter / Mengapa Flow Meter Sangat Penting Dalam Industri Bahan Bakar?

article Mengapa Flow Meter Sangat Penting Dalam Industri Bahan Bakar? cover image
16 June 2022 Tokico Flow Meter

Mengapa Flow Meter Sangat Penting Dalam Industri Bahan Bakar?

Dalam berbagai Industri, nama flow meter atau bahasa Indonesianya meteran arus sering muncul. Alat ini lebih sering dibahas perannya dalam industri bahan bakar. Apakah Anda sudah tahu apa sebenarnya alat meteran ini? Penasaran ingin tahu lebih jauh? Bagi yang penasaran, mari bahas bersama tentangnya pada artikel berikut!

 

Mengenal Apa Sebenarnya Flow Meter Itu

 

Pertama, Anda harus kenal dulu apa sebenarnya meteran arus ini. Secara sederhana, meteran flow adalah salah satu dari banyak alat alat industri yang ditaruh pada pipa – pipa. Alat ini nantinya akan mengukur massa besaran arus di dalam pipa.

Hal yang bisa diukur tentu banyak. Mulai dari bahan berupa liquid, gas dan solid yang dapat bergerak dalam pipa semua dapat diukur. Aliran dari material ini biasanya berupa aliran tertutup dalam pipa yang ketat. Hal ini membuat tekanan dalam pipa penting diperhatikan.

Berbeda daripada aliran terbuka seperti parit, sungan dan kanal, tekanan dalam pipa dapat mempengaruhi pergerakan material. Jika ada udara yang terjebak di dalamnya, tekanan bisa terbentuk dan membuat masalah biasanya. Namun karena Anda tidak bisa melihat kondisi tekanan dalam pipa secara langsung, alat meteran arus menjadi penting.

Dalam industri, meteran arus ini juga dinamai flowmeter, flow gauge, flow sensor, flow computer, flow transmitter, flow control, flow indicator, flow rate toll, flow liquid tool dan flow gas tool. Karena banyak istilah dan namanya, pastikan jangan bingung jika dengar nama lain yang ada di list tersebut.

Jika melihat penggunaanya secara riil, Anda bisa cek Flow meter SPBU. Penggunaan meteran flow ini memastikan pipa bahan bakar dapat didistribusikan secara lancar ke alat pompa. Para staf akan cek alat meteran ini untuk pastikan output yang dikeluarkan transmitter dalam ukuran normal. Jika diluar ukuran normal, pemeriksaan dan maintenance pasti segera dilakukan.

 

Fungsi – Fungsi Flow Meter dalam Industri Bahan Bakar

Penggunaan flow meter memiliki fungsi – fungsi yang beragam. Untuk tahu semua fungsinya, mari bahas bersama tentangnya di bagian berikut in!

 

Pengukur Besaran Aliran Material Bahan Bakar

Dalam industri bahan bakar, meteran arus akan selalu mengukur besaran material yang berpindah dalam pipa. Di SPBU misalnya, flow meter bensin dapat terlihat jelas. Bahan bakar ini sangat sensitif. Bayangkan jika terjadi masalah dan bensin ada yang bocor di pipa. Karena itu, pengukuran yang jelas dengan alat ini harus selalu dicek.

 

Membantu Analisa Indikasi Efisiensi Proses

Berapa besar perpindahan bensin dari tangki ke alat pompa? Untuk analisa efisiensi perpindahan bahan bakar, meteran arus adalah alat yang paling pas digunakan. Tergantung jenis meteran yang digunakan, banyak informasi yang dapat diambil dari posisi meteran tersebut. Jadi Anda bisa analisa efisiensinya dengan lebih mudah.

 

Menghitung dan Mengukur Biaya Produksi

Pada pabrik - pabrik, meteran arus dapat digunakan sebagai ukuran pengeluaran. Semakin banyak bahan bakar yang melewati pipa, makin besar juga biaya bahan bakar yang digunakan. Jika Anda pakai alat Flow Meter Tokico, indicator material yang berpindah dapat dimasukan ke komputer dan dihitung secara otomatis. Jadi, Anda langsung tahu konversi biaya pada proses produksi tersebut.

 

Menjadi Penanda Terjadi Gangguan Pada Mesin

Jika panel meteran berubah posisinya, Anda harus cek detail apakah deviasi ini normal atau tidak. Jika perubahan ukuran tidak biasa dan berlangsung terus menerus, hal tersebut adalah tanda masalah pada pipa. Tanpa meteran arus, masalah seperti ini tidak akan mudah dideteksi karena terjadi dalam pipa.

 

Menjadi Alat Pendukung Kontrol Elektronik

Pada alat seperti Tokico Flow Meter Reset, pemantauan meteran dapat dihubungkan dengan elektronik dan program digital. Hal ini memastikan ruang control mendapatkan update ukuran meteran secara bersamaan. Jika dapat dipantau dari satu ruang, petugas akan hemat waktu dan bahkan dapat menyelesaikan masalah tanpa harus cek langsung ke lokasi pipa.

 

Mempermudah Proses Pemantauan Limbah

Dalam pengolahan minyak mentah, limbah harus diawasi dengan baik. Jika menggunakan Tokico Flow Meter Non Reset, proses pemantauan lebih mudah. Limbah bahan bakar sangat beracun. Jika ada kebocoran dan masalah pada pipa, polusi dan ledakan dapat terjadi. Karena itu, penggunaan pemantau yang akurat sangat penting.

 

Berbagai Jenis Flow Meter yang Dapat Anda Temukan di Industri Bahan Bakar

Dalam penggunaan di industri bahan bakar, Anda akan melihat berbagai jenis meteran arus ini. Untuk mengetahui apa saja jenis yang populer, mari bahas bersama pada bagian berikut ini:

 

Ultrasonic Flow Meter

Jenis flow meter lebih cocok digunakan untuk material cair dan gas yang homogen. Modelnya yang memiliki koneksi flange, insertion dan clamp on membuatnya lebih mudah diinstalasi. Jenis ini paling banyak digunakan pada industri bahan bakar yang mengelola gas bumi dan bensin jadi.

 

Electromagnetic Flow Meter

Umumnya digunakan untuk mendeteksi secara akurat pergerakan bahan cair menggunakan teknologi electromagnetic. Penggunaan meteran ini cukup populer di dunia pengelolaan minyak. Anda bisa cek Electromagnetic Flow Meter Fast-Flo untuk contohnya.

 

Thermal Mass Flow Meter

Jenis ini memiliki kemampuan special dalam mendeteksi flow bahan – bahan gas dengan termal tinggi. Karena kemampuan ini, penggunaan flow meter jenis ini lebih spesifik untuk pabrik – pabrik kimia yang berurusan dengan gas panas dan bertekanan tinggi.

 

Venturi Flow Meter

Rekomendasi flow meter untuk kebutuhan semprotan tekanan tinggi. Umumnya, alat ini dipakai di pipa pemadam kebakaran.

 

Portable Flow Meter

Untuk kebutuhan meteran arus yang bisa digunakan di mana saja tanpa instalasi, jenis portable ini adalah yang paling cocok. Biasanya digunakan untuk mengukur kekuatan pompa, debit fluida pada pompa dan mengecek aliran air sebagai proses maintenance. Alatnya hanya perlu dipasang sekali dan dilepas setelah proses maintenance selesai.

 

Differential-Head Flow Meter

Perusahaan minyak dan gas sering menggunakan jenis meteran arus ini jika kondisi tekanan material berbeda sumbernya. Hal ini bisa berupa arus untuk minyak bersih dan limbah harus dipisahkan. Namun pemisahan menghasilkan tekanan berbeda pada pipa. Untuk mengukur perubahan dua pipa yang bekerja bersamaan ini, jenis meteran arus Differential-Head Flow diperlukan.

 

Turbine Meter

Jenis ini menggunakan alat turbine atau baling – baling sebagai indikator penghitung arus. Semakin cepat turbine berputar, makin tinggi level arusnya.

 

Flow Meter Solar

Karena solar merupakan cairan unik yang terdiri dari fuel oil, medium fuel oil, heavy fuel oil, dan kerosin, alat pengukur khusus juga diperlukan. Jadi bisa dibilang, jenis ini adalah yang akurat mengukur arus gerakan solar di pipa.

 

Rekomendasi Flow Meter Berkualitas

 

Untuk Anda yang butuh meteran arus, pastikan beli brand Tokico. Anda bisa dapatkan kualitas tinggi dan juga jenis yang beragam. Contoh saja Tokico Flow Meter adjuster yang mudah digunakan dan akurat mengukur flow. 

Pilihan lain seperti Flow Meter Tokico juga tersedia. Anda bisa hubungi pihak Tokico untuk pilihan alat yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Jika pesan, Anda akan dibantu dan bisa konsultasi dengan mudah jika beli produk Tokico.

 

Kesimpulan

 

Dari bahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan meteran arus ini sangat penting. Jika memiliki usaha yang berhubungan dengan bahan bakar seperti SPBU ataupun kilang gas bumi, Anda harus pertimbangkan beli flow meter. Pastikan pilih yang berkualitas seperti merek Tokico dan pastikan juga jenis meteran yang sesuai kebutuhan.

Sekarang Anda sudah lebih mengerti mengapa flow meter menjadi alat penting dalam industri bahan bakar. Mudah – mudahan bahasan artikel ini menambah wawasan Anda. Terima kasih sudah baca artikelnya!



#tokicoflowmeter #2Inch #tokicooilflow #metersolartokico #tokicotype #digitalflowmeter