Home / Tokico Flow Meter / Peran Penting Flow Meter pada Instalasi Perusahaan Minyak dan Gas

article Peran Penting Flow Meter pada Instalasi Perusahaan Minyak dan Gas cover image
22 June 2022 Tokico Flow Meter

Peran Penting Flow Meter pada Instalasi Perusahaan Minyak dan Gas

Beberapa instalasi industri memiliki kebutuhan peralatan yang sangat spesifik. Salah satunya pada instalasi perusahaan minyak dan gas yang melakukan aktivitas distribusi atau memindahkan fluida berupa Flow Meter minyak atau gas melalui jaringan pipa. 

Kebutuhan perangkat spesifik tersebut salah satunya berupa flow meter. Perangkat ini memiliki peran yang spesifik karena memberikan informasi mengenai jumlah atau besaran volume dari fluida yang mengalir melewatinya.

 

Peran Perangkat Flow Meter di Perusahaan Minyak dan Gas

 

Penggunaan perangkat flow meter memungkinkan dilakukannya pengawasan serta pencatatan jumlah volume fluida baik itu berupa minyak atau gas cair yang didistribusikan melalui sistem pipa. Hal ini penting karena menjadi bagian dari aktivitas pengelolaan distribusi terkait proses pemindahan yang dilakukan dan juga menyangkut besarnya produksi serta volume penampungan yang dibutuhkan.


Lihat Produk Kami : Tokico Reset 3/4 Inchi Seri FGBB

 

Pada sebuah instalasi penambangan atau pengolahan minyak dan gas, akan ada beberapa area kerja yang memiliki fungsi spesifik dan saling terhubung sesuai dengan alur pengolahan bahan yang dikerjakan. Pada setiap proses pemindahan dari satu instalasi ke instalasi lain inilah dibutuhkan perangkat untuk memonitor kelancaran dan volume yang didistribusikan.

Pelaporan informasi yang didapat dari praktek memonitor volume dan kelancaran distribusi ini bisa digunakan untuk menilai kinerja setiap instalasi pengolahan hingga memperhitungkan efisiensi kerjanya. Hal inilah yang membuat keterlibatan perangkat flow meter yang tepat dan sesuai spesifikasi pengunaan menjadi sangat penting. 

 

Kebutuhan Perangkat Flow Meter pada Instalasi Industri

 

Ada beberapa hal mendasar yang menjadi alasan pemilihan perangkat flow meter yang berbeda. Salah satunya adalah ukuran pipa yang digunakan untuk mendistribusikan minyak dan gas cair. Ukuran pipa ini akan berkaitan langsung dengan volume, kecepatan aliran dan tekanan yang terjadi selama proses distribusi.


Baca juga : Solusi Berkualitas Produk Flow meter Tokico RFO untuk Beragam Kebutuhan

 

Spesifikasi mengenai ketiga aspek tersebut akan mempengaruhi pilihan perangkat flow meter seperti apa yang sesuai untuk memenuhi tugas memantau dan melaporkan volume fluida yang melewatinya. Hal lain yang juga bisa mempengaruhi pilihan indikator aliran yang sesuai adalah tipe aliran yang butuh dipantau dan dikelola. 

 

 

Kebutuhan memantau aliran yang kontinyu atau terus menerus akan membutuhkan perangkat berbeda dengan kebutuhan untuk memantau aliran yang tidak menentu atau putus – sambung. Pilihan perangkat flow meter yang tepat dan sesuai spesifikasi menjadi hal penting terkait kebutuhan tersebut.

 

Lihat Produk Kami : Tokico Reset 1 Inchi Seri FGBB

 

Spesifikasi yang kompleks ini menjadi dasar dari kebutuhan untuk memahami dengan detail kebutuhan sebuah instalasi yang akan menggunakan flow indicator. Kesalahan dalam memilih spesifikasi flow indicator bisa membuat instalasi tidak bekerja secara optimal atau sama sekali gagal bekerja dalam memenuhi kebutuhan informasi volume aliran yang melewati perangkat indikator tersebut

Aktivitas distribusi fluida berupa minyak dan gas cair pada instalasi perusahaan minyak dan gas merupakan hal yang sangat penting. Kebutuhan perangkat yang tepat untuk mendukung proses dan pengelolaan merupakan hal yang mutlak.

 

 

#flowmeter #jaringan pipa #tokicoflowmeter #solarflowmeter